Instensifikasi Dan Ekstensifikasi Lahan Pertanian Upaya Tingkatkan Produktivitas Padi

28 Des 2012, 13:03:17 WIBKabar Kaltim

 Instensifikasi Dan Ekstensifikasi Lahan Pertanian Upaya Tingkatkan Produktivitas Padi

PENAJAM - Merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki potensi besar dalam pengembangan lahan pangan dan produktivias padi diatas 5 %, Penajam pun dilirik sebagai wilayah pengembangan rice estate karena potensi lahan yang cukup luas dan merupakan lumbung pangan di Kaltim, salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitasnya yaitu dengan memaksimalkan potensi lahan dan air yang tersedia melalui optimasi lahan yaitu itu dengan perbaikan sarana irigasi yang telah ada.

           Kepala Dinas Pertanian Tanaman  Pangan dan Hortikultura Kaltim, H. Ibrahim mengatakan, pengairan dan irigasi harus tersedia jika menginginkan perluasan tanam padi secara besar-besaran oleh para petani.

           "Pada saat ini secara keseluruhan panen hanya dilakukan setahun sekali dan apabila irigasi baik dan termanfaatkan maka panen bisa dilakukan  dua sampai  tiga kali dalam setahun karena air selalu tersedia itu dapat meningkatkan produktivitas secara signipikan," ujarnya pada saat kunjungan ke lapangan di lokasi pertanian di Penajam Paser Utara (PPU), Rabu (26/12)

            Kunjungan ini dilakukan bersama oleh Dinas Pertanian Tanaan Pangan dengan Ketua DPRD Kaltim H. Mukmin Faisyal, serta dari Balai Air dan Sungai Wilayah VI Kalimantan Kementrian Pekerjaan Umum.

             Diharapkan setelah kunjungan ini semua pihak mengetahui dan memetakan irigasi mana saja yang harus mendapatkan prioritas dalam perbaikan dan pemeliharaan. Karena dengan irigasi yang baik diharapkan produktivitas pangan  akan meningkat  khususnya di Kabupaten Paser dan PPU.(yul/humas)