Pertanian Kaltim di Masa Depan

03 Agu 2012, 14:27:22 WIBKabar Kaltim

 Pertanian Kaltim di Masa Depan

 


Visi Kaltim Bangkit 2013; "Mewujudkan Kaltim sebagai Pusat Agroindustri dan Energi terkemuka Menuju Masyarakat Adil dan Sejahtera. Dengan visi itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memilih strategi mengubah dari ekonomi daerah yang berbasis Migas dan Batubara ke arah pembangunan ekonomi daerah yang berbasis industrialisasi dan pertanian. 
Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan, sektor pertanian tidak diragukan sebagai komoditi ekonomi unggulan masa depan, karena terbukti mampu menyerap tenaga kerja yang tinggi sehingga menjadi strategis dalam upaya mengurangi pengangguran dan menekan angka kemiskinan. Terlebih, Kaltim memiliki ketersediaan lahan yang masih luas dan memiliki agroe-kologis yang sesuai untuk pengembangan pertanian. 
"Pengembangan komoditas pertanian ke depan tidak lagi dilakukan secara konvensional tetapi dilakukan secara industrialisasi dengan menekankan kepada peningkatan produktifitas dan nilai tambah melalui pendekatan klaster industri yang terintegrasi dari sektor industri hulu hingga industri hilir," ujar Gubernur pada pertemuan dengan para petani andalan di Samarinda belum lama ini.
Selan itu tambah Gubernur, termasuk pula industri komplementer dan industri terkait lainnya, menyusul ditetapkannya dua klaster Industri Nasional di Kaltim yakni Klaster Industri berbasis Pertanian, Oleochemical di Maloy dan Klaster industri berbasis migas dan kondensat di Bontang. Penetapan kedua klaster ini diyakini akan sangat berperan penting dalam meng-gerakkan perekonomian Daerah dan Nasional yang pada akhirnya dapat meningkatk