"Benih Bermutu Akan Hasilkan Padi Lebih Banyak"

17 Jul 2017, 12:26:24 WIBKabar Kaltim

"Benih Bermutu Akan Hasilkan Padi Lebih Banyak"

Balai Benih Padi Palawija  UPTD Dinas Pangan Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Timur melakukan panen padi  berbagai varietas unggul antara lain infari 35  kelas benih BP kegiatan APBD 2017, Varietas Cibogo kelas BD APBN TA. 2017, varietas Mikongga kegiatan APBD tahun 2017 di Tenggarong (15/17).  Tiga Varietas ini merupakan unggul nasional dimana rasa dari beras yang dihasilkan sangatlah enak dan cocok dikonsumsi orang Kaltim kebanyakan, ini dikarenakan nasi agak pulen dan lemah serta memiliki aroma yang khas, ke 3 varietas ini juga banyak diminati petani disamping sangat laku dipasaran dan padi yang dihasilkan lebih banyak, salain itu juga tahan terhadap serangan wereng.

"Perbanyakan Varietas infari, cibogo dan mikongga ini sebagai kegiatan pengembangan benih dan hasilnya sebagai benih dasar yang sangat dibutuhkan petani, bukan hanya karena tahan terhadap  hama wereng namun produktivitas yang dihasilkan tinggi, kurang lebih  6-7 ton padi yang dihasilkan, jika dikonversi ke beras  hasilnya  adalah 4 ton lebih, oleh karena itulah varietas ini sangat diminati petani, terutama petani Kukar, Kubar, Kutim bahkan Malinau (Kaltara)", Ujar Syamsul Huda, SP Kasi Produksi Benih Padi/Palawija.

Program pengembangan benih padi/palawija ini kedepan diharapkan terus ada dan ditingkatkan  guna mendukung program pemerintah  untuk swasembada pangan.(hms)