Berau Sentra Produksi Jagung Kalimantan Timur

29 Sep 2017, 13:04:56 WIBKabar Kaltim

Berau Sentra Produksi  Jagung  Kalimantan Timur

Kabupaten Berau saat ini merupakan Kabupaten  penghasil jagung utama di Kalimantan Timur, sejak tahun 2015 produksi jagung terus meningkat, Kontribusi produksi jagung Kabupaten Berau terhadap produksi Kalimantan Timur berdasarkan angka Tatap kaltim 2016 adalah sebesar 69,90%. Tahun 2016 merupakan peningkatan yang sangat tinggi   tiga ratus persen lebih telah dicapai setelah sebelumnya di tahun 2015 berdasarkan angka tetap (ATAP) hanya 4.555. ton dan meningkat menjadi  15.460 ton. Meningkatnya Produksi Jagung  ini tidak lain  karena  keseriusan pembinaan yang terus dilakukan oleh   Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan TNI. 

Dalam sambutannya  Dr.Ir.H. Ibrahim, MP  pada pertemuan dengan petani di Desa Eka Sapta Kecamatan Talisyan (27/09), mewaliki Gubernur Kaltim menyampaikan “Jika progres terus meningkat maka tidak mustahil  melalui Kabupaten Berau ini Kaltim akan menjadi  lumbung Jagung Nasional, apalagi sejak tahun lalu  Kabupaten Berau sudah mengexpor jagung ke puau jawa sebesar 1.500 ton, dan Kita akan siapkan 10.000 hektar lagi tahun depan, dan sisa tanam 1.500 ha tahun ini akan terus kita genjot,” .

“Untuk di  Kecamatan Talisayan  terutama Kampung Eka  Sapta akan kita jadikan sebagai  sentra  jagung, dan kita akan prioritaskan bantuannya dan perbaikan irigasi penunjang kegiatan tenaman padi juga akan kita usahakan serta bantuan alat mesin pengolahan tanah serta hand sprayer dan alat pemipil  jagung”,kata Kepala Dinas Pertanian Berau.

“Kami sangat mengharapkan kedepan harga jagung bisa lebih tinggi atau 3.000/kg dan  pemerintah bisa  memberikan bantuan berupa gudang benih dan alat pengering (drayer) dengan kapasitan 5 ton”, Harap Abdul Hamid Ketua Kelompok tani Sumber Makmur.