Berau Tanam Jagung Hybrida Perdana

25 Jan 2019, 13:26:24 WIBKabar Kaltim

Berau Tanam Jagung Hybrida Perdana

Berau – Bupati Kabupaten Berau H. Muharram, S.Pd., M.M. bersama Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura  Provinsi Kalimantan Timur DR.Ir. H. Ibrahim, MP bersama melakukan tanam perdana jagung hibrida di Kecamatan Talisayan (25/01).

Kabupaten Berau saat ini sebagai kawasan tanam dan produksi jagung terluas di Kalimantan Timur kurang lebih 12.000 Ha dengan  titik sentra pengembangan di Kecamatan Biatan dan Kecamatan Talisayan, dan  Berau Juga merupakan Kabupaten yang sudah swasembada Jagung pada tahun 2018 menjadi penyumbang jagung terbesar untuk Kalimantan Timur dengan sumbangan sebesar 65,84 persen dari total produksi jagung yang mencapai 55.597 ton.  

Dukungan pemerintah dalam hal ini adalah berupa mesin pasca panen padi dan jagung, dan pada hari yg sama Bupati Berau Muharram meresmikan pemanfaatan perdana mesin pengering padi/jagung (vertical dryer) kapasitas 10 ton di  Gapoktan Maju Bersama di Kampung Eka Sapta Kabupaten Berau.

“Tahun-tahun mendatang  jagung masih terus dikembangkan karena untuk tanam jagung pada 2019 ditargetkan seluas 11.175 hektare dan Berau kebagian   8.000 hektar, kita sangat mengharapkan Berau terus akan menjadi penyumbang produksi jagung terbesar di Kalimantan”. Ujar Ibrahim. (sh/hms)