Buah Lokal Masih Diminati

15 Feb 2019, 08:59:30 WIBKabar Kaltim

Buah Lokal  Masih Diminati

LOA JANAN - Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi melakukan  panen buah duku di UPTD Balai Benih Induk Hortikultura Desa Batuah Km 40 Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Rabu (13/2/2019). Menurutnya acara panen kali ini karena kebun milik Dinas Pangan TPH ini isinya komplit mulai dari durian lokal, montong, rambutan, duku, manggis dan yang lebih penting adalah adanya 20 varietas durian yang ada di kebun ini. Kekaguman wagub juga adalah buah duku yang dipanennya sangat manis tidak kalah dengan duku luar dan juga tumbuhnya sangat baik di bumi Kaltim.

Panen dihadiri oleh istri Wagub Hj Erni Hadi Mulyadi, Dekan Paperta Universitas Mulawarman DR. Rusdi, Kepala Dinas Pertambangan serta tokoh masyarakat, Bapak Sofyan Alex Mantan Kadis Pertanian yang merupakan  pendiri Balai Benih Hortikultura dan sejumlah pimpinan perusahaan tambang batu bara. 

Di Balai Benih ini banyak sekali memproduksi bibit tanaman buah, Menurut dia, jika dikaitkan dengan isu tambang saat ini maka kegiatan reklamasi  lahan bisa bekerja sama dengan Dinas Pangan Tanaman Pangan Hortikultura agar menanam pohon buah. "Perusahaan perusahaan tanami lahan reklamasinya dengan bibit-bibit pohon buah dari Balai Benih ini. Tanaman hortikultura lanjutnya, selain bermanfaat untuk hijauan juga menghasilkan buah yang bernilai ekonomi,”Harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan TPH H Ibrahim menyatakan kesiapan pihaknya untuk mendistribusikan bibit-bibit buah ke perusahaan batu bara, Bali Benih menghasilkan bibit berbagai buah seperti durian, manggis, rambutan, lai, langsat juga duku dengan berbagai varietas unggul dan berkualitas," ujarnya.(hms/sh)