Bupati Paser – Bupati PPU Sepakati Pemanfaatan Sungai Telake Tuk Pertanian

04 Mar 2016, 09:49:51 WIBKabar Kaltim

Bupati Paser – Bupati PPU Sepakati Pemanfaatan Sungai Telake Tuk Pertanian

SAMARINDA --  Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi dan Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar melakukan penandatanganan kesepakatan bersama tentang pemanfaatan Sungai Telake, di Kabupaten Paser untuk kegiatan pertanian. Dua bupati tersebut intinya bersepakat memanfaatkan Sungai Telake sebagai sumber irigasi pertanian di kedua wilayah.              

“Intinya kita perlu cepat. Bagaimana air secepatnya sampai lahan petani. Makanya ada kesepakatan bersama antara dua bupati yang nantinya akan disampaikan gubernur,” sebut Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan (PTP) seusai menyaksikan penandatanganan kesepakatan bersama, di Kantor Dinas PTP Kaltim, Kamis (3/3).

Terobosan tersebut diakui dilakukan karena ketersedian pasokan air memadai sangat dibutuhkan untuk pengembangan pertanian. Upaya peningkatan produksi pertanian hanya bisa dilakukan jika pasokan air cukup.

Kondisinya ada Bendung Lambakan di Kabupaten Paser yang diprogramkan untuk kegiatan pertanian di dua kabupaten, tapi masih lama dan belum ada titik terangnya. Kemudian ada Bendung Telake dan itu juga masih lama.

“Kita perlu cepat. Maksud saya perlu cepat bagaimana air secepatnya sampai lahan petani. Kebetulan ada minta kegiatan pusat pipanisasi air dari Sungai Telake kemudian diperuntukan untuk kegiatan di Paser dan PPU,” sebutnya.

Nantinya ada pipanisasi sepanjang 7 kilometer dari Sungai Telake masuk ke wilayah Paser kemudian terhubung ke PPU hingga Rawa Sebakung, Rawa Mulya, Gunung Intan.

“Boleh dibilang ini program mendadak, tapi diperlukan dan pemerintah pusat merespon dengan baik karena yang akan diairi  lahan pertanian seluas 14 ribu hektare. Ini juga aksi nyata sesuai amanat gubernur agar jangan hanya rakor, tapi ada aksi nyata. Makanya segera kita wujudkan instruksi tersebut,” katanya.(diskominfo kaltim/arf)

 

Teks Foto : Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi dan Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar melakukan penandatanganan kesepakatan bersama, di Kantor Dinas PTP Kaltim, Kamis (3/3).(foto:diskominfo/rizki)