Cara Menanam Daun Bawang Dalam Pot Atau Polybag

25 Okt 2016, 12:08:57 WIBArtikel

Cara Menanam Daun Bawang Dalam Pot Atau Polybag

 Bagaimana tips mÄ—nanam daun bawang di pot yang baik? Daun bawang adalah sayuran dari kÄ—luarga AlliacÄ—aÄ— yang sÄ—ring digunakan sÄ—bagai bahan dasar pÄ—mbuatan suatu makanan. BÄ—rbÄ—da dÄ—ngan tanaman bawang-bawangan lainnya, bagian tanaman yang bisa dimanfaatkan dari daun bawang adalah daunnya. Daun dari tanaman Allium fistulosum ini biasanya dibuat mÄ—njadi sup, soto, dan martabak. Rasanya yang khas dÄ—ngan pÄ—rpaduan dari rasa gurih, bÄ—rair, dan kÄ—nyal mÄ—mbuat sayuran ini mÄ—miliki pÄ—nggÄ—marnya tÄ—rsÄ—ndiri.

Daun Bawang

 

Pada dasarnya, tingkat kesulitan menanam daun bawang tergolong mudah. Bahkan tanaman ini juga bisa dibudidayakan dengan baik menggunakan media pemeliharaan berupa pot. Agar proses penanaman daun bawang dengan pot yang anda lakukan membuahkan hasil maksimal, pelajari tips-tipsnya berikut ini :

 

1. Tanam Daun Bawang dari Biji

Daun bawang bisa dikembangbiakkan baik secara generatif maupun vegetatif. Penanaman daun bawang secara generatif bisa dilakukan dengan menumbuhkan biji. Sedangkan penanaman daun bawang secara generatif biasanya dilakukan melalui stek batang. Budidaya daun bawang secara generatif diklaim dapat menghasilkan tanaman yang berkualitas lebih tinggi ketimbang

 

pembudidayaan secara vegetatif.

 

2. Gunakan Media Tanam yang Subur

Daun bawang menyukai media tanam yang subur dan agak berliat. Tumbuhan ini juga dapat dipelihara dengan baik di tanah yang berkelembaban cukup tinggi. Disarankan pakailah media tanam yang terbuat dari campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Tambahkan beberapa bagian pupuk kandang apabila diperlukan.

 

3. Siram Dua Kali Sehari

Sebagai tanaman yang tumbuh dengan memprioritaskan daunnya, daun bawang juga menyukai air. Tanaman ini bisa tumbuh lebih baik saat dipelihara di media tanam yang cukup lembab daripada media tanam yang kering. Oleh karena itu, anda sebaiknya menyiram tumbuh-tumbuhan ini dengan frekuensi dua kali sehari. Kurangi intensitas penyiraman tanaman saat musim penghujan.

 

4. Pastikan Tanaman Bisa Mendapatkan Sinar Matahari

Yang tidak kalah penting, pastikan daun bawang juga bisa mendapatkan sinar matahari langsung. Hal ini memungkinkan tanaman tersebut dapat berkembang biak dengan baik dan berfotosintesis dengan normal. Anda bisa menempatkan pot-pot berisi daun bawang ini di teras atau di bawah pohon agar terlindung dari curah hujan yang tinggi.

 

5. Lakukan Pemanenan dengan Bijak

Budidaya daun bawang menggunakan pot biasanya dilakukan pada skala rumahan. Untuk itu, sebaiknya lakukan proses pemanenan secara bijak. Maksudnya, anda bisa memotong separuh dari tanaman-tanaman daun yang dibudidayakan agar lebih cepat tumbuh kembali. Di sisi lain, hindari pemanenan dengan turut mencabut bagian akarnya.

Sumber: http://petanitop.blogspot.com