Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kaltim Gelar Pasar Murah

14 Mei 2018, 15:07:30 WIBKabar Kaltim

Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kaltim Gelar Pasar Murah

JELANG RAMADHAN 1439 H, DINAS PANGAN, TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

GELAR PASAR MURAH

SAMARINDA – pembukaan Gelar Pangan Murah komoditi pangan startegis yang akan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 14 dan 15 Mei 2018.  

Dalam Sambutannya saat pembukaan pasar murah pangan strategis, Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur menganggap acara ini sangat penting dalam rangka Stabilisasi Harga Pangan Pokok khususnya beras, daging sapi, daging ayam, telur ayam, bawang, cabe, minyak goreng dan gula menjelang bulan suci Ramadhan 1439 H atau menjelang salah satu Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) menyediakan sembako yang murah bagi masyarakat.

Sementara itu asisten I Pemprov kaltim yang mewakili Bapak Gubernur, daslam kesempatan ini  mendukung dan apresiasi kegiatan ini karena berdsampak nyata  menyemdiakan sembako yang sangat dibutuhkan menjelang Ramadhan, apalagi dapat dijual dengan harga murah ,tidak melebihi harga eceran tertinggi yang sudah ditetapkan

 

 

Gelar Pangan Murah Pangan Pokok Strategis ini adalah dalam rangka menyediakan bahan pangan pokok strategis yang umumnya sangat dbutuhkan sehari-hari oleh masyarakat dan saat ini cenderung mulai meningkat.

Seperti kita ketahui bahwa kegiatan seperti ini juga dilaksanakan hampir seluruh Indonesia khususnya Dinas yang menangani Ketahanan Pangan, termasuk yang sedangkan kita laksanakan saat ini dan kami harapkan kami agar semua kabupaten dan kota yang menangani Ketahan Pangan juga dapat melaksanakan kegiatan serupa.

Gelar Pangan Murah saat ini diikuti oleh pelaku usaha yang menjual bahan pokok startegis, serta produk unggulan usaha mikro kecil dan menengah termasuk pangan olahan ini terbuka untuk umum dan merupakan binaan dari OPD terkait, seperti Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Dinas Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan serta BULOG serta Disperindagkop lingkup Provinsi Kalimantan Timur, termasuk partisipasi dari Dharma Wanita Dinas Pangan TPH Prov. Kaltim.

Gelar Pangan Murah ini merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah guna menyediakan bahan pangan pokok strategis yang banyak dibutuhkan masyarakat dengan harga terjangkau dan distributor agar menjual bisa lebih rendah dari harga dipasaran.

Tujuan dari Gelar Pangan Murah Pangan Pokok Strategis ini bukan hanya sekadar pengendalian harga dalam rangka stabilisasi namun juga untuk menjamin ketersediaan pangan pokok agar mudah dijangkau masyarkat.

Sehingga harapan kami melalui kegiatan seperti masyarakat dapat memanfaat kesempatan ini sebaik-baiknya, sehingga diharapkan daya beli masyarakat bisa lebih meningkat.