Dinas Pangan TPH Kaltim Juara Satu Stand Terbaik di JCM Yogjakarta

12 Apr 2019, 10:33:49 WIBKabar Kaltim

Dinas Pangan TPH Kaltim  Juara Satu Stand Terbaik di JCM Yogjakarta

Ada yang berbeda bagi Stand Dinas Pangan Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Timur pada tahun ini  dalam Acara Pameran Produk dan Teknologi Agribisnis dan Pangan Indonesia  di  Yogjakarta City Mall,  Jalan  Raya Magelang  DIY   2019.  Pameran ini  digelar selama lima hari dari tanggal 4 -7 April 2019.  Dinas Pangan TPH kali ini menampilkan seluruh hasil olahan dari produk  asli  tanaman pangan di Kalimantan Timur, pada display  Dinas Pangan menampilkan buah unggulannya diantaranya untuk unggulan hortikultura adalah  durian lai, pisang kepok, buah naga, pepaya mini Balikpapan, pepaya calina,  dan nenas, untuk prodak tanaman pangan adalah padi lokal yaitu mayas, beras putih sangata, seratai paser dan  juga beras jelai yang sudah mendapatkan sertifikat SP2 (aman pangan).

Pameran Agribisnis dan Pangan Inovatif ini merupakan agenda yang rutin diadakan setiap tahun dan kali ini adalah yang ke 5, penyelenggaraaan  ini diharapkan dapat mendorong dan merangsang pengusaha pengusaha produk pangan lokal sekaligus menstimulasi pengembangan dan peningkatan volume perdagangan produk unggulan Indonesia.

Hampir setiap harinya stand dinas pangan ramai dikunjungi,  disamping display durian lai yang menjadi  pavorit  pengunjung,  stand juga membagikan hasil olahan yang bisa dinikmati oleh pengujung yaitu es cream durian lai dan buah naga, ada juga sushi berbahan jelai yang penampilan yang menarik sehingga membuat antusias pengunjung dan alhasil dari seluruh kegiatan yang ditampilkan serta layanan yang baik maka stand Dinas Pangan TPH menjadi juara 1 stand terbaik dan pavorit dari kesuluruhan perserta yang berjumlah kurang lebih 40 stand.

Dalam keterangan disela sela kegiatan pameran Kepala Dinas Pangan TPH DR.Ir.H.Ibrahim, MP menjawab dan menjelaskan  pertanyaan pengunjung seputar buah unggul Kaltim yang menjadi daya tarik pengunjung  “Buah Lai atau durian lai ini adalah plasma nutfah Kalimantan Timur dan sudah dibudidayakan sejak lama, buah ini memiliki keanehan dan keunggulan ujarnya,  dimana buah lai ini bisa tumbuh di mana saja namun tidak bisa berbuah dimana saja dan hingga saat ini hanya mau berbuah di wilayah Kalimantan saja,  dan saat ini buah durian lai  masih ada dan berada di penghujung musim”.

“Kedepan akan terus kita perbaiki dan dibudidayakan lebih luas tanaman pangan sebagai bahan baku dari produk pangan olahan yang ada di Kalimantan Timur,  sehingga Kaltim tidak hanya dikenal dengan produk hasil tambangnya  saja namun untuk tanaman pangannya akan lebih terkenal”, Uajarnya. (sh)