"Gelar Pangan Murah" Di Halaman Kantor Dinas Pangan TPH Kaltim

15 Mei 2018, 12:34:08 WIBKabar Kaltim

"Gelar Pangan Murah"  Di Halaman Kantor Dinas Pangan TPH Kaltim

SAMARINDA – Sesuatu yang berbeda terlihat  ketika melewati jalan Basuki Rahmad di Halaman Kantor Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikutura Provinsi Kalimantan Timur, Selasa(15/05) karena Tengah berlangsung Gelar Pangan Murah Komoditi Pangan Strategis yang digelar oleh Dinas Pangan Tanaman pangan dan Hortikultura (tanggal 14 dan 15 Mei 2018)

Bazaar pangan murah ini diikuti oleh beberapa instansi terkait, Peternakan, Perikanan, Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan Kota Samarinda, juga distributor baik daging, beras hingga bibit tanaman buah. Beberapa komoditi yang digelar berupa beras medium maupun premium, cabe besar maupun kecil, gula, telur, daging serta berbagai hasil olahan. Bazaaar ini hanya berlangsung hari ini dan besok yang dimulai sejak pukul 08.00  s/d 16.00 wite.

Dalam sambutannya  Gubernur yang diwakili oleh Assisten I, Dr.Ir.H. Sabani  mengatakan, “Saya sangat mengapresiasi acara Gelar Pangan Murah selama dua hari ini karena  telah menjawab langsung kegelisahan masyarakat terhadap naiknya beberapa kebutuhan pokok, sekali lagi terimakasih kepada Dinas Pangan TPH yang telah berpartisipasi”.

Dalam sambutannya Sabani juga menghimbau agar kontrol atau pengawasan terhadap kebijakan bantuan berupa pupuk untuk petani yang selalu saja kurang dikarenakan pemupukan dialihkan kepada komoditi lain.

Kepala Dinas Pangan mengatakan, ”gelaran pangan murah ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat mendapatkan harga beras berkualitas dengan harga terjangkau juga beberapa jenis komoditi lain seperti gula, telur, daging, cabe dan lain-lain”.

"Ini ditujukan kepada masyarakat di sekitar bahwa ada beras yang murah dan berkualitas, karena selama ini (ada pandangan) sepertinya beras itu mahal, jadi kami bisa menunjukan ada beras murah harganya Rp 9 ribu hingga beras medium 12 ribu per kilogram," kata Ibrahim di stand bidang Ketersedian.

Heny, salah satu peserta mengatakan,”antusias pengunjung yang luar biasa baru saja dibuka dan cukup 3 jam barang saya sudah terjual habis terutama olahan ikan yang jadi produk unggulan saya”.

“Beberapa perserta banyak yang menginginkan agar gelar pangan murah ini bisa dilangsukan selama 3 hari, namun karena sesuatu dan lain hal kami tidak bisa memenuhi permintaan peserta dan pelaksanaan tetap 2 ahri saja, kita harapkan acara ini akan berlangsung setiap tahunnya”, Ujar Ibrahim. (sh)