Gerakan Percepatan Tanam Padi di Kukar

26 Jul 2017, 13:20:18 WIBKabar Kaltim

Gerakan Percepatan Tanam Padi  di Kukar

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur terus mengupayakan untuk meningkatkan produksi padi, melalui dinas Pangan Tanaman Pangan bekerjasama dengan TNI dan Kabupaten.  Saat Kabupaten Kutai Kartanegara Walaupun berasnya  sudah surplus namun tidak berhenti ditempat, dan terus mengupayakan peningkatan produksi padinya dan ini ditandai dengan gerakan percepatan tanam padi yang baru-baru ini dilaksanakan di Desa Sebuntal Kecamatan Merang Kayu  (24/07/17).  Lahan Sawah di Kecamatan Merang Kayu ini cukup luas dengan lahan pungsinya seluas 521 ha lebih dengan indek pertanaman 3 kali setahun. Tanam padi yang bisa dilakukan 3 kali setahun ini dikarenakan tersedianya air dan berpungsinya  dam dengan baik yang  tidak jauh  dengan lahan petani.  

Acara gerakan percepatan tanam ini  dilakukan oleh Dr.Ir.Ibrahim,MP Kadis Pangan TPH, Kasrem, Dandim dan BPTP Kaltim serta Camat Merang Kayu.

Kepala Dinas Pangan dan Hortikultura Dr.Ir.H. Ibrahim, MP menjelaskan bahwa Gerakan percepatan tanam padi ini merupakan salah satu upaya meningkatkan produksi padi  terutama di Kaltim dan mendukung program pemerintah dalam swasembada beras.

“Alhamdulillah saat ini harga gabah sudah mencapai 4 ribu rupiah per kilogram artinya sudah sangat menguntungkan bagi petani terutama di Desa Sebuntal, Kecamatan Merang Kayu ini”, Ujar Ibrahim. (hms)