Gerakan Percepatan Tananm Jagung

02 Mar 2018, 12:53:25 WIBKabar Kaltim

Gerakan Percepatan Tananm Jagung

TANJUNG REDEB - Gerakan Percepatan tanam jagung dalam rangka percepatan luas tambah tanam di Kabupaten Berau digelar di lahan Kelompok Tani Manunggal Karsa, Kampung Labanan Jaya, Kecamatan Teluk Bayur

Secara simbolis tanam perdana jagung hibrida akan dilaksanakan di Kampung Labanan Jaya dengan dihadiri langsung Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak bersama Bupati Berau Muharram, dan Wabup Agus Tantomo, serta para petani jagung Labanan Jaya.

Selain itu, Gubernur Awang Faroek juga menyerahkan secara simbolis bantuan benih dan mesin perkebunan kepada kelompok tani. Pengembangan Jagung di Kabupaten Berau kini menjadi unggulan bahkan berada di peringkat pertama di Kalimantan Timur.

Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim, Ibrahim mengatakan produksi jagung Kaltim setiap tahun terus mengalami peningkatan. Pada 2017, berdasarkan angka sementara hasil produksi jagung Kaltim mencapai 56 ribu ton, dimana 63 persen merupakan produksi jagung Kabupaten Berau, sekitar 35 ribu ton. Jadi sekarang Berau berada di rangking satu sebagai produksi jagung di Kaltim,” ungkapnya.

Pengembangan jagung ini disampaikan Ibrahim, tidak lepas dari peran para petani yang juga terus mendapat dukungan dari stakeholder terkait. Dalam mendorong produksi jagung, Ibrahim mengatakan, bantuan dalam luas tanam terus dilakukan pada 2017 lalu dengan luas tanam luas 5.500 hektare. Tahun 2018, Kabupaten Berau mendapat alokasi bantuan untuk tanam jagung seluas 10 ribu hektare. Karena keberhasilan Berau, banyak reward yang diberikan. Selain itu, juga dalam pengembangan padi,” jelasnya.