Gerakan Tanam Padi di Desa Suliliran Baru

09 Feb 2018, 12:08:53 WIBKabar Kaltim

Gerakan Tanam Padi di Desa Suliliran Baru

TANA PASER - Dalam rangka mendukung peningkatan pangan  Dinas Pertanian (Distan) Paser menghelat Gerakan Tanam padi sawah di area Rawa jentik Desa Suliliran Baru, Kecamatan Paser Belengkong, Kabupaten Paser. Kegiatan yang bekerja sama  dengan Instansi- instansi dan TNI tersebut juga di hadiri Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan Hortikultura Prov. Kaltim, Dr. Ir.H.  Ibrahim MP.

Mewakill sambutan Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi, Kepala Dinas Pertanian Paser Boy Susanto menyampaikan sektor pertanian  masih menjadi skala prioritas pembangunan .Luas panen di Paser 9.833 hektare pada 2017, diantara Padi sawah 7.782 dan padi lading 2.100 hektare.

Dengan jumlah produksi 41.468 ton. Bupati berharap, gerakakan ini dapat meningkatkan ketersediaan beras dan mampu mendongkrak lumbung padi. Yakni dengan focus pada peningkatan mutu hasil tanam ketimbang terus ketergantungan dengan tambang.

Sementara itu Dr. Ir. H. Ibrahim, MP menuturkan, Pemprov Kaltim terus mendorong generasi muda untuk menjadi petani. Untuk diketahui, saat ini semakin sulit  mencari anak muda yang mau menjadi petani. Sebab, pekerjaan menjadi petani kurang menjanjikan. Padahal, jika jeli memanfaatkan lahan tentu bisa berhasil. Banyak hasil yang didapat dari usaha selain padi. Misal, membuat kolam ikan, ternak bebek, hingga tanam cabai.

“Pengusaha, masyarakat, dan akademisi, harus bersatu membantu memajukan pertanian.” Ujar mantan Pj Bupati Paser itu.

Sementara itu, Kasdim 0904 TNG Mayor Kav Calvin Parajo Palli mengatakan, tugas TNI kini multifungsi demi membantu mengatasi kesulitan masyarakat di segala lini perekonomian. Termasuk mendukung ketah