Gubernur Bagikan Bibit Singkong Gajah

23 Jul 2013, 15:59:25 WIBKabar Kaltim

Gubernur Bagikan Bibit  Singkong Gajah

GUBERNUR BAGIKAN BIBIT  SINGKONG GAJAH

MUARA JAWA -  Gubernur Kaltim Dr. H. Awang Faroek Ishak terus kampanyekan gerakan tanam singkong di Kaltim. Dimulai sejak kunjungan gubernur ke Kutai Timur tepatnya di Desa Graha Kecamatan Kaubun adalah awal dari kampanye Gubernur untuk gerakan tanam singkong di wilayah Kaltim.  Gubernur membagi-bagikan bibit singkong gajah secara simbolis kepada camat Loa janan, Samboja, Muara Jawa, Sanga-sanga Serta Anggana dan di Muara Jawa melakukan panen sekaligus penanaman singkong gajah di lokasi Kelompok Tani Sido Rukun,  cukup luas hampir 90 hektar dan 60 hektar yang siap panen.

Tergambar keceriaan di wajah Gubernur karena menurut informasi yang beliau dapatkan bahwa hasil yang didapat oleh petani cukup tinggi karena untuk 1 ha saja petani akan mendapatkan 200 jt rupiah jika di bagi rata-rata pendapatan petani selama 10 bulan panen maka yang diperoleh adalah 15-20 jt rupiah tiap bulannya dan ini  sangatlah besar untuk pendapatan petani.

“Gerakan menanam singkong gajah untuk pengentasan kemiskinan.  Selogan inilah yang terus dikampanyekan oleh gubernur karena singkong gajah memiliki prospek yang bagus kedepan dan yang telah dilakukan oleh PT. Anugerah  Prima Abadi di Kecamatan Muara Jawa dapat dijadikan contoh keberhasilan pengembangan songkong gajah di Kalimantan Timur” Ujar Awang faroek usai melakukan panen singkong gajah bersama kelompok tani sido rukun. Senin (22/7).

Gubernur juga mengharapkan dukungan dari pihak perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Muara Jawa  baik itu berupa pembinaan maupun bantuan yang diberikan kepada petani setempat.

Kepala Dinas Pertanian  Tanaman Pangan Provinsi Kaltim H. Ibrahim mengatakan bahwa  luas pertanaman singkong  di Muara Jawa ini  kurang lebih 90 ha dan siap panen 64 ha sedangkan yang  sisanya masih berumur 1 sampai 4 bulan, dari pihak kami juga sudah menyalurkan ribuan bibit singkong ke Kabupaten/Kota guna mendukung program gubernur dalam gerakan tanam singkong gajah ini, dalam waktu dekat PT Anugerah Prima Abadi akan membangun pabrik singkong di Kecamatan Muara Jawa dengan kapasitas 60 ton/hari dan diperlukan  ribuan hektar  untuk pengoperasiannya, dari luasan tanam saat ini yang baru 90 ha maka peluang untuk pengembangan masih diperlukan untuk memenuhi kapasitas pabrik.

Direktur PT Anugrah Prima Abadi, Lukman Hakim  juga mengatakan bahwa pihak kami bersedia menampung singkong hasil petani dan siap mengekspornya  karena kami sudah  bekerjasama dengan salah satu perusahaan cina dengan peroduk berupa gaplek.