Gubernur Resmikan Outlet Agribisnis SPP-SPMA, Awang _ Motivasi Jiwa Interpreneur Pertanian

14 Nov 2016, 08:16:11 WIBKabar Kaltim

Gubernur Resmikan Outlet Agribisnis SPP-SPMA, Awang _ Motivasi Jiwa Interpreneur Pertanian

SAMARINDA – Dinas Pertanian Tanaman Pangan (Distan) Kaltim membangun Outlet Agribisnis yang dimaksudkan dalam upaya mendukung pengembangann usaha budidaya sekaligus pasca panen sektor pertanian. Outlet tersebut berada  di kawasan Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP) Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA) Samarinda yang merupakan unit pelaksanan teknis dinas (UPTD) Distan Kaltim.

Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak sangat mengapresiasi keberadaan Outlet Agribisnis SPP-SPMA ini, terutama dalam upaya membangkitkan jiwa wirausaha siswa-siswi sekolah pertanian.

“Pemprov sangat berterimakasih kepada Distan yang telah berupaya mengembangkan outlet ini sebagai wadah membentuk jiwa interpreneur generasi muda pertanian di Kaltim,” katanya.

Awang berharap Distan melalui UPTD SPP-SPMA ini terus mengembangkan semangat generasi muda untuk menggeluti dunia pertanian. Karena, Kaltim selain masih memiliki luasan lahan dan keunggulan kewilayahan juga banyak kawasan potensial yang dapat dikembangkan untuk berbagai kegiatan pertanian

Sementara Kepala Distan Kaltim H Ibrahim mengemukakan outlet dibangun sebagai sarana alternatif bagi masyarakat untuk membeli produk pertanian sehat hasil budidaya siswa-siswi SPP-SPMA Samarinda.

“Outlet ini kami bangun atas dukungan dana DAK guna menumbuhkan jiwa interpreneur atau wirausaha muda yang bergerak di bidang pertanian. Mereka dididik mulai tahap budidaya hingga pasca panen atau pemasaran hasil produknya,” ujar Ibrahim.

Dia menambahkan outlet agribisnis sepenuhnya dikelola siswa-siswi SPP-SPMA dengan berbagai komoditi pertanian baik sayuran, buah-buahan dengan berbagai bibit unggulnya serta produk peternakan dan perikanan. 

Hadir dalam peresmian Outlet Agribisnis SPP-SPMA, Sekretaris Jenderal Kelompok KTNA Nasional HM Yadi Sof