Gubernur Tanam Jagung Di Talisayan

05 Des 2016, 12:12:12 WIBKabar Kaltim

Gubernur Tanam Jagung Di Talisayan

TALISAYAN – Gubernur Awang Faroek Ishak melanjutkan kampanye gerakan tanam jagung ke wilayah paling utara Kaltim, Kabupaten Berau.  Gubernur meyakinkan, jika petani mau bekerja keras dan terus mencari peluang-peluang usaha dari pertanian jagung, termasuk dengan kolaborasi tanaman lainnya, maka kesejahteraan petani akan jauh meningkat. 

 “Jika ingin sukses, maka petani harus mau bekerja keras. Selain itu, cari terus peluang-peluang usaha terkait jagung ini. Pemerintah akan terus melakukan pembinaan, memberikan banyak pilihan dan silakan tentukan sendiri yang terbaik demi peningkatan kesejahteraan petani,” kata Awang saat bertatap muka dengan para petani dan melakukan gerakan tanam jagung di Desa Suka Murya, Kecamatan Talisayan, Sabtu (3/12). 

Dijelaskan Gubernur, untuk mendorong peningkatan kesejahteraan petani jagung, sinergi akan terus dilakukan antara Pemprov   Kaltim dan Pemkab Berau melalui instansi tehnis terkait untuk mendorong pengembangan industri pakan ternak di Kabupaten Berau.

Kehadiran perusahaan-perusahaan industri pengolahan pakan ternak, kata Gubernur akan memberikan nilai tambah produk, dan tidak membuat Kabupaten Berau hanya menjadi penghasil jagung.

“Saya berharap segera dibuat perjanjian antara Kementerian Pertanian dengan perusahaan industri pakan ternak untuk menampung semua produk jagung Kaltim dan mengolahnya di sini, Pengembangan industri lain berbahan jagung juga masih sangat potensial,” tambah Gubernur.

Tahun ini Kaltim mendapat alokasi 11.500 hektar untuk penanaman jagung. Berau yang menjadi sentra pengembangan tanaman jagung dan menjadi penyumbang 60 persen kebutuhan jagung Kaltim mendapat alokasi penanaman 5.000 hektar. Kabupaten lain yang potensial dalam pengembangan jagung adalah Kutai Timur, Pen