Indonesia dan Taiwan Jalin Kerjasama di Sektor Pertanian

25 Apr 2017, 09:23:01 WIBBerita Nasional

Indonesia dan Taiwan Jalin Kerjasama di Sektor Pertanian

 

Jakarta - Indonesia dan Taiwan berencana untuk kembangkan kerjasama di sektor pertanian. Berbagai program kerjasama tersebut dirumuskan dalam pertemuan antara Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman dan Menteri Pertanian Taiwan Lin Tsung Hsien, Jumat (7/4). Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Mentan dengan Menteri Pertanian Taiwan sebelumnya Tsao Chi Hung pada awal November tahun lalu.

“Taiwan berhasil melakukan transformasi dari sistem pertanian yang sangat tradisional menjadi sistem yang modern. Indonesia berharap dapat mengadopsi sistem pertanian beserta teknologinya”, ucap Mentan.

Dalam pertemuan tersebut,  Mentan menyampaikan terdapat tiga bidang kerjasama yang bisa dikembangkan oleh Indonesia dan Taiwan, yaitu infrastruktur irigasi, industri gula, dan modernisasi hortikultura.

Untuk bidang infrastruktur irigasi, Indonesia dan Taiwan berencana membangun embung untuk 4 juta hektare lahan tadah hujan. Sebagai langkah awal, kedua pihak akan menjalankan pilot project dan pemerintah Taiwan akan mengirimkan 10-12 orang tenaga ahlinya ke Indonesia. Action plan untuk program kerjasama ini akan dibahas bulan depan.

Kerja sama dalam pembangunan infrastuktur irigasi sudah mulai dirancang sejak awal tahun ini. Pada 4 – 13 Januari lalu, tim teknis dari Taiwan telah mengunjungi Indonesia untuk mengidentifikasi model irigasi yang cocok dengan karakteristik agroekologi Indonesia. Dua bulan kemudian, Tim Indonesia melakukan kunjungan balasan ke Taiwan untuk mengamati teknologi irigasi Taiwan dan mengidentifikasi model-model irigasi yang dapat diado