Indonesia Masuk Dalam 25 Besar Pertanian Dunia

18 Okt 2017, 12:15:38 WIBBerita Nasional

Indonesia Masuk Dalam 25 Besar Pertanian Dunia

“Untuk pertama kalinya, pertanian Indonesia masuk dalam 25 besar pertanian dunia. Lembaga riset dan analisis ekonomi internasional yang berpusat di Inggris, The Economi Intelegent Unit 9EIU) dan Barilla Center for Food ang Nutrition (BCFN) Foundation merilis indek keberlanjutan pangan atau Food Sustainability indek (FSI) pada Desember 2016 di situs resminya http://foodsustainability.eiu,com/country-ranking.”

Hasil riset tersebut menunjukan bahwa Indonesia termasuk 25 besar negara yang diteliti dengan pertimbangan dua per tiga penduduk di 25 negara tersebut sudah mencakup 87 persen total  Produk Domestik Bruto (PDB) Dunia.

Tahun lalu, Indek Ketahanan Pangan Global Indonesia atau Global Food Security Index (GFSI) Indonesia meningkat dari peringkat 74 menjadi peringkat ke 71 dari 113 negara yang diteliti. EIU juga menilai, Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami perubahan besar pada pangan keseluruhan (2,7). Aspek ketersediaan pangan Indonesia tahun 2016 berada pada peringkat 66.

Riset FSI disusun dari 58 indikator mencakup emapat aspek yakni : Secara keseluruhan (overall), pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture), kehilangan atau susut pangan dan limbah (food loss and waste) serta aspek gizi (nutrisional challenges).

Secara keseluruhan, Indonesia berada di peringkat 21 dengan skor 50,77 setelah Brasil serta berada di atas Uni Emirat Arab, Mesir, Arab Saudi, dan India. Untuk sutainable agriculture, Indonesia bercokol di rangking 16 (skor 53,87) setelah Argentina serta berada di atas China, Ethiopia, Amerika Serikat, Nigeria, Arab Saudi, Afrika Selatan, Mesir, Uni Emirat Arab, dan India. Pa