Jagung Berau Paling Tinggi

06 Nov 2018, 08:35:01 WIBKabar Kaltim

Jagung Berau Paling Tinggi

Potensi Pengembangan Jagung di Kabupaten Berau saat ini sangatlah menggairahkan dan Kabupaten Berau telah ditetapkan  menjadi kawasan sentra pengembangan jagung hibrida. Pada tahun 2018 luasan pengembangan jagung di Kab.Berau kurang lebih 12.000 Ha dengan  titik sentra pengembangan di Kecamatan Biatan dan Kecamatan  Talisayan, dukungan Pemerintah dalam pengembangan ini sangatlah besar  karena untuk kesekian kalinya telah dogelontorkan bantuan berupa mesian vertical dryer jagung dengan kapasitas 6 ton.

Setiap tahun produksi jagung di Kaltim memang terus meningkat dan Kabupaten Berau merupakan Kabupaten pemasok terbesar, dengan sumbangan 65,84 persen dari total produksi jagung Kaltim yang mencapai 55.597 ton.

Kepala Dinas Pangan TPH Prov. Kaltim, Dr.Ir.H.Ibrahim,MP, mengatakan tahun tahun mendatang  jagung masih terus dikembangkan. Untuk luasan tanam jagung pada 2018 ditargetkan mencapai 26.000 hektare. Masyarakat memang terlihat menyukai menanam jagung pada p komoditas lainnya. Hal itu disebabkan budidaya jagung tidak terlalu rumit dan tidak memerlukan air dalam jumlah besar dibanding bertanam padi, dan pemeliharaannyapun lebih sederhana”. (sh)