Kegiatan Penyusunan Analisis Pola Pangan Harapan (PPH) Konsumsi Se Kaltim

17 Jul 2018, 10:14:30 WIBKabar Kaltim

Kegiatan Penyusunan Analisis Pola Pangan Harapan (PPH) Konsumsi Se Kaltim

SAMARINDA – Pertemuan Penyusunan Analisis Pola Pangan Harapan (PPH) Konsumsi  dilaksanakan di Hotel MJ Jln. Khalid No. 1 Samarinda, dari tanggal 11 – 12 Juli 2018, para peserta berasal dari 10 Kab/Kota yang berjumlah 43 orang dengan menghadirkan narasumber dari Pusat  Anggit Gantina, SP

Pola Pangan Harapan (PPH) merupakan manifestasi konsep gizi seimbang yang didasarkan pada konsep TRIGUNA makanan. Kesimbangan jumlah antar kelompok pangan merupakan syarat terwujudnya kesimbangasn gizi.

PPH Konsumsi merupakan Instrumen sederhan untuk menilai situasi konsumsi pangan penduduk, baik jumlah maupun komposisi pangan menurut jenis pangan yang dinyatakan dalam skor PPH. Ketahanan Pangan tidak hanya pada penyediaan pangan tingkat wilayah tetapi juga penyediaan dan konsumsi pangan tingkat daerah dan rumah tangga bahkan individu dalam memenuhi kebutuhan gizinya.

Adapun teknis penyusunan kondisi PPH dilakukan melalui survei dilapangan terhadap pola konsumsi masyarakat. konsumsi pangan diukur melalui skor pola pangan harapan sebagai cerminan mutu konsumsi pangan yang menggambarkan komposisi konsumsi pangan penduduk suatu wilayah dengan nilai tertinggi skor PPH 100.

Pengembangan pola komsumsi pangan yang sehat memerlukan perubahan pola pikir dan perilaku agar masyarakat agar dengan kemauan dan kemampuan sendiri mau mengubah pola konsumsinya kea rah yang lebih beragam, bergizi seimbang dsan aman. Kareananya diperlukan pertemuan penyusunan PPH ini bahan kebijakan ketahanan pangan.(hms)