Lagi, Dinas PTP Kaltim Gencarkan Gerakan Tanam Jagung

09 Des 2016, 10:50:03 WIB

Lagi, Dinas PTP Kaltim Gencarkan Gerakan Tanam Jagung

TALISAYAN – Pemprov Kaltim melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan (PTP) Kaltim kembali menggencarkan gerakan tanam untuk mendorong peningkatan luas tanam komoditi jagung di wilayah Kaltim.

Jika sebelumnya sudah dilakukan gerakan tanam sekitar 11 ribu hektare di Kabupaten Paser, kali ini dilakukan gerakan tanam jagung seluas 200 hektare di Desa Suka Mulya, Talisayan, Kabupaten Berau.

“Ini program kegiatan tahun anggaran 2016. Tahun ini kita ada kegiatan penanaman Jagung di Kabupaten Berau seluas 3 ribu hektare dan pada anggaran perubahan dapat tambahan 2 ribu hektare. Total tahun ini di Kabupaten Berau seluas 5 ribu hektare,” sebut Kepala Dinas PTP Kaltim, Ibrahim saat melakukan gerakan tanam jagung, di Desa Suka Mulya, Talisayan, Kabupaten Berau, Sabtu (3/12).

Total 5 ribu hektare tersebut tersebar di 7 kecamatan, 31 desa, dan 108 kelompok tani se Kabupaten Berau. Khusus di Kecamatan Talisayan seluar 2.500 hektare dan di Desa Suka Mulya yang akan dilakukan gerakan penanaman jagung seluas 200 hektare.

Melihat potensinya, Ibrahim mengaku bisa memastikan produksinya mampu swasembada. Terlebih untuk komoditi ini ada program tanam di kabupaten/kota yang menjadi sentra pengembangannya.

“Contohnya kemarin 11 ribu hektare lebih dan tahun depan kita akan tanam lagi sekitar 32 ribu hektare lebih. Jika berbuah produksinya tentu akan menutupi perkiraan kebutuhannya, sehingga kita tidak perlu lagi mendatangkan dari luar,” yakinnya.(diskominfo kaltim/arf)