LTT Jagung Berau Capai 4 Ribu Hektar

04 Okt 2017, 13:27:15 WIBKabar Kaltim

LTT Jagung Berau Capai 4 Ribu Hektar

BERAU - Realisasi luas tambah tanam (LTT) Jagung di Kabupaten Berau dari Jamuari hingga September tahun ini mencapai 3.988 hektar dari target luas tanam sekitar 5.500 ha. Capaian LTT Jagung Berau ini disebutkan Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim H Ibrahim pada Gerakan Tanam Jagung di Kampung Eka Sapta Kecamatan Talisayan Kabupaten Berau,  Rabu (27/9). Menurut dia, Berau merupakan salah daerah potensial untuk pengembangan tanaman jagung selain beberapa kabupaten lainnya di Kaltim.

 "Berau menjadi salah satu sentra pertanian Kaltim. Khususnya tanaman jagung yang tahun ini mendapat bantuan tanam APBN seluas 5.500 ha," katanya. Ibrahim menyebutkan produksi jagung Berau terus meningkat signifikan dari tahun ke tahun seperti produksi tahun 2015 sebesar 4.555 ton menjadi 15.460 ton pada 2016. Khusus kegiatan Gerakan Tanam Jagung (GTJ) di Kampung Eka Sapta sangat potensial dilakukan bersama jajaran TNI pada lahan seluas 250 ha. Sementara itu secara keseluruhan Kaltim pada 2017 ini mendapat bantuan luas tanam jagung mencapai 23.000 hektar.

 "Kita optimis kalau luas tanam sesuai yang ditarget maka Kaltim tidak perlu lagi datangkan jagung dari luar. Bahkan selain tercukupi kebutuhan lokal  sebaliknya bisa mengirim keluar daerah," ujar Ibrahim.Kegiatan GTJ di Kampung Eka Sapta dihadiri Danrem 091 ASN Brigjen TNI Irham Waroihan serta Asisten Pembangunan dan Ekonomi Setkab Berau H Mansyah Kelana dan Kepala Dinas Pangan Berau Pattah Hidayat. Hadir pula Camat Talisayan David Pamuji dan Danramil 0902-07 Talisayan  Kapten Inf Max Madjadji. (yans/sul/ri/humasprov)