Masyarakat Di Himbau Gemar Konsumsi Buah dan Sayur Sehat

27 Sep 2013, 09:50:48 WIBKabar Kaltim

Masyarakat Di Himbau Gemar Konsumsi Buah dan Sayur Sehat

SAMARINDA – Masyarakat Kaltim diimbau untuk cerdas dalam memilih produk  sayuran dan buah sehat yang bebas dari bahan pestisida berbahaya. Imbauan ini, sangat beralasan karena hingga kini banyak beredar sayur dan buah terutama produk impor yang masih terkandung sisa pestisida berbahaya abgi tubuh manusia.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim H. Ibrahim menanggapi  Bursa Pertanian Produk Organik dalam rangka Hari Tani Nasional 2013 yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kota Samarinda yang berlangsung di  halaman Kantor Dispertan Kaltim  Jalan basuki Rahmat, Rabu-Kamis (26/9).
“Untuk sayur, buah dan berbagai produk pertanian impor bahkan disinyalir mengandung formalin yang sangat berbahaya bagi tubuh. Untuk sayur dalam negeri biasanya tampilannya mulus dan tidak ada bekas gangguan hama,” ujarnya.
Untuk itu Ibrahim mengajak seluruh masyarakat Kaltim untuk kembali ke alam dengan lebih mengkonsumsi buah dan sayur yang benar-benar segar dan terjamin kandungan vitamin serta terbebas dengan bahan berbahaya, baik saat penanaman maupun pasca panen.
Diingatkan,  faktor penting lainnya adalah bagaimana cara memasak sayuran sehat tersebut haruslah mengikuti kaidah-kaidah kesehatan yaitu  tidak boleh terlalu matang, tidak boleh dipanaskan berulang-ulang, dan pengetahuan untuk variasi menu makanan.
Untuk itu, Dinas Pertanian Tanaman Pangan akan mendorong berdirinya kampung-kampung sayur dan buah sehat di Kaltim oleh petani. Sehingga masyarakat mempunyai pilihan untuk mengkonsumsi makanan yang tidak saja halal namun juga sehat. Bagi petani tentu harga sayuran dan buah sehat akanlebih tinggi dari sayuran umumnya.
“Makanya saat panen di desa Lempake, Gubernur Awang Faroek Ishak sempat menyuarakan bahwa jika ingin panjang umur, maka konsumsilah sayuran dan buah yang sehat bebas dari pestisida dan bahan kimia,” ujarnya.
Dalam bursa Pertanian Produk Organik dalam rangka Hari Tani Nasional 2013, didemonstasikanjuga cara memasak yang enak dan sehat dari chef dari Hotel Borneo Swissbell dan Aston Samarinda.
Dalam dua hari acara,  tercatat puluhan juta sayur dan buah yang terjual oleh kelompok tani di Samarinda (yul/hmsprovkaltim)

// foto Kepala Dinas Tanaman Pangan Provinsi Kaltim H.Ibrahim saat memberikan kata sambutan acara " Bursa Produk Pertanian Organik "  di  halaman Kantor Dispertan Kaltim (sh/hmsdispertanprov)