Menteri Pertanian Launching Tiga Alat Mesin Pertanian

24 Jun 2016, 09:40:56 WIBBerita Nasional

Menteri Pertanian Launching Tiga Alat Mesin Pertanian

Menteri Pertanian Launching Tiga Alat Mesin Pertanian


Serpong -- Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, memberikan apresiasi kepada sepuluh peneliti dan perekayasa Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BB-Mektan) yang telah berhasil menelurkan tiga prototipe Alat Mesin Pertanian (alsintan). Ketiga alsintan tersebut dapat dioperasikan secara bersamaan sehingga akan mempercepat waktu budidaya dan meningkatkan indeks pertanaman jagung.

 "Usulkan pangkat istimewa kepada sepuluh penemu ini, peneliti dan perekayasa mesin pengolah tanah amphibi, mesin panen multikomoditas. Ada 100 juta utk sepuluh orang ini, dan akan mendapatkan royalti," kata Mentan pada saat melaunching tiga Alsintan tersebut di areal demonstrasi plot jagung BB-Mektan, Kamis (23/06).

Mentan menjelaskan penggunaan alsintan tersebut sangat efisien. Biaya produksi yang biasanya mencapai 3 juta per hektar dapat ditekan sekitar 65% menjadi sekitar 1 juta sampai dengan 800 ribu.

Dibandingkan tenaga manusia, penggunaan alsintan dapat menghemat tenaga kerja yang diperlukan untuk panen, mengolah tanah dan menanam sampai dengan 80% (dengan mesin 4 Hari Orang Kerja dan dengan tenaga manusia 65 Hari Orang Kerja).

"Salah satu tujuan dari pengembangan alat mesin pertanian modern adalah mendorong generasi muda turun ke lapangan, sambil menelepon pacarnya sekaligus melakukan  panen, keren kan," ungkap Mentan sambil tersenyum.

Tiga prototipe alsintan yang dilaunching Mentan tersebut yaitu mesin panen multi komoditas jagung dan padi dengan kemampuan 3 jam/ha; mesin olah tanah amphibi kapasitas 3