Panen Jagung Pada Demplot Uji Lapang Pupuk NPK Pada Lahan Berpasir

24 Agu 2018, 20:09:49 WIBKabar Kaltim

Panen Jagung Pada Demplot Uji Lapang Pupuk NPK Pada Lahan Berpasir

Muara Badak - Kutai Kartanegara - Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur bersama PT. Pupuk Kaltim, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Kartanegara melaksanakan Panen Jagung pada Lokasi Demplot Uji Lapang Pupuk NPK Pada Lahan Berpasir di Desa Batu-batu Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara, Jum’at (24/8/2018).

Kegiatan Demplot Uji Lapang Pupuk NPK Pada Lahan Berpasir merupakan hasil Kerjasama antara Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Kaltim dengan PT. Pupuk Kaltim, dimana pelaksana Teknis dilapangan dilakukan oleh TIM Teknis UPTD Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Samarinda (UPTD SMK-SPP).

Pelaksanaan kegiatan Uji Lapang Pupuk NPK pada Tanaman Jagung dilaksanakan pada 4 (empat) tipe lahan yaitu 1. Lahan Berpasir, 2. Lahan Eksisting, 2. Lahan Gambut dan 4. Lahan Eks Tambang. Desa Batu-batu Kec. Muara Badak Kab. Kukar dipilih sebagai tempat pelaksanaan Demplot Uji Lapang Pupuk NPK Pada Lahan Berpasir.

Penelitian disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 14 perlakuan dan 3 ulangan. Data pengamatan dianalisis dengan BNT 5 % atau DMRT 5 %.

Hasil Uji Lapang Pupuk NPK pada Tanaman Jagung di Lahan Tanah Berpasir yaitu :

  1. Tinggi  tanaman jagung dengan perlakuan jenis Pupuk NPK - 2A (NPK 15-20-13) yaitu 236,70 cm
  2. Diameter batang jagung pada perlakuan jenis pupuk NPK - 6A (NPK 20-10-10) yaitu 2,74 cm
  3. Produksi jagung tongkol kering pada perlakuan jenis pupuk NPK - 4A (NPK 17-9-11) yaitu 3,64 kg / 10 tongkol jagung

Tujuan pelaksanaan Uji Lapang Pupuk NPK di berbagai Tipe Lahan adalah untuk mengetahui Komposisi NPK yang paling sesuai untuk Pertumbuhan dan Produksi Jagung pada masing-masing tipe lahan penelitian.

Kegiatan Panen Jagung ini juga dirangkai dengan penanaman jagung secara simbolis pada lahan berpasir lainnya yang ada di Desa Batu-batu Kec. Muara Badak Kab. Kukar serta Penyerahan Kendaraan Operasional Roda 2 (dua) dan Roda 4 (empat) secara Simbolis oleh Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Kaltim kepada UPTD Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura berupa :

  1. Kendaraan Roda 2 (dua) 18 Unit  yang terdiri 12 unit (vixion) untuk Petugas POPT-PHP Laki-laki  dan 6 unit (Mio Soul) untuk Petugas POPT-PHP Perempuan
  2. Kendaraan Operasional Roda 4 (empat) untuk kegiatan Gerakan Pengendalian (Gerdal) dan Monitoring LPHP dilapangan.

 

SELAMAT PETANI JAGUNG MENUJU MANDIRI SEJAHTERA