Panen Padi Situbagendit dan Inpago 8 di Separi

31 Jul 2018, 11:23:41 WIBKabar Kaltim

Panen Padi Situbagendit dan Inpago 8 di Separi

Beras merupakan kebutuhan pokok manusia dan untuk menghasilkan beras yang nyaman atau bermutu maka haruslah dihasilkan oleh benih bermutu yang sudah di realise oleh Kementerian Pertanian. Baru baru ini Dinas Pangan TPH Kaltim dan Dinas Pertanian Kutai Kartanegara tengah memanen padi varietas situbagendit dan inpago 8 di Desa Separi di kelompok Tani penangkar benih Padi.

Panen dilakukan oleh Kepala Dinas Pangan  Tanaman Pangan dan Hortikultura Bersama Kepala Dinas Pertanian Kutai Kertanegara untuk benih atas kerja sama   Balai Benih Induk (BBI) padi rempanga dengan Kelompok Penangkar Benih di Desa Separi  bapak Bari selaku penangkar. Luas penangkaran padi tersebut adalah 4 hektar dan  Varietas yang dipanen adalah padi inpago 8 dan situbagendit dari kelas BP ke kelas BD, sekaligus  melakukan ubinan. Dari hasil ubinan tersebut diperoleh 6 sampai dengan 7 ton padi.

Menurut  DR.Ir.H. Ibrahim, MP. Kadis Dinas Pangan TPH bahwa hasil  dari varietas  padi inpago 8 dan situbagendit  lumayan tinggi karena hampir 7 ton dan jika dikali luas 4 hektar maka akan diperoleh 28 ton benih, maka  sudah cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan benih di Kabupaten Kutai Karetanegara dan sekitarnya. (sh)

foto :Dr. Ir.Ibrahim (Kadis Dispangan TPH), Ir.Syarif Rifai Kepala BBI Padi, Ir.Sumarlan(Kadis Pertanian Kukar)

By Raul Lemu Nurodin