Paser Panen Padi

08 Mar 2016, 13:49:58 WIBKabar Kaltim

Paser Panen Padi

PASER – Panen perdana padi sawah di Desa Padang Jaya barusa saja dilakukan, untuk di wilayah paling selatan di Kalimantan Timur ini bukanlah hal biasa karena panen yang berlangsung di awal maret ini hanya ada beberapa wilayah di Kalimantan Timur.

“Panen  kali ini dikarenakan ketersediaan air yang cukup di Kecamatan Kuaro ini, meskipun provitasnya yang masih rendah hanya 4,6 ton”, Menurut Ibrahim disela-sela sambutan temu tani, senin (07/3).

Luas panen mencapai 40 hektar dan hampir seluruh lahan potensi tertanami, cukup lumayan untuk lahan yang hanya mendapatkan air dengan sistem pipanisasi dari sumber air embung di bagian diatas lahan sawah di Desa Padang Jaya.

“Kita akan terus mendukung program pemerintah dalah hal swasembada padi, saya akan usahakan pembangunan irigasi (sistem pipanisasi akan kita tingkatkan dan pembuatan embung sebagai sumber airnya) dan juga kaitan dengan pemasaran hasil  akan kita libatkan BUNDES (Badan Usaha Milik Desa) yang akan menampung padi hasil petani,” Ujar Bupati Paser, dalam sambutannya pada temu petani.

Dukungan lain juga sangat diharapkan oleh petani baik hand tractor maupun saprodi lainnya guna membantu dalam peningkatan produkstivitas nantinya.(sh/hms)