Pemutakhiran Data FSVA Kalimantan Timur 2018

19 Jul 2018, 13:43:13 WIBKabar Kaltim

Pemutakhiran Data FSVA Kalimantan Timur 2018

SAMARINDA – Undang-undang Nomor 7 tahun 1996, tentang pangan mengartikan ketahanan pangan sebagai kondisi terpenuhinya pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik  jumlah maupun mutunya, aman, merata dan terjangkau.  Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA) merupakan peta tematik yang menggambarkan visualisasi geografis dari hasil analisa data indicator kerentanan terhadap kerawanan pangan. Revieu data FSVA Provinsi Tahun 2018 ini merupakan dalam rangka pemutakhiran data.

Dinas Pangan Tanaman Pangan Dan Hortikultura melaksanakan revieu data (FSVA) Food Security and Vulnerability Atlas/Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan, Senin (19/07) di ruang serba guna Dinas Pangan TPH Prov. Kaltim. Yang dibuka oleh Sekretaris Dinas Pangan TPH. Prov. Kalimantan Timur, Bapak Ir. Martinus, P, MP.

Tujuan Pelaksanaan Acara Pertemuan ini adalah untuk me revieu data yang sudah ada dan akan diterima guna pembuatan Peta FSVA.  Kegiatan ini  merupakan bagian dari tahapan jadwal penyusunan Peta FSVA dengan 4 tahapan antara lain 1. Sosalisasi, 2. Revieu tahapan pertama, 3. Revieu tahapan ke dua, 4.Launching FSVA tahun 2018.

“Kita harapkan untuk petugas yang terkait seperti Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Bidang terkait di Dispangan TPH terutama Prod. Padi dan Hortikultura serta Badan Pusat Statistik untuk  melengkapi  data data FSVS ini yang diperlukan agar pada revieu tahapan ke dua semua data sudah terpenuhi,”ujar Ir. Martinus.P,MP Sekretaris yang mewakili KepaLa Dinas Pangan TPH Prov. Kaltim.

Seluruh petugas pengolah  yang hadir optimis untuk memenuhi atau melengkapi seluruh permintaan data guna melengkapi data FSVA ini  pada  revieu kedua yang akan dilaksanakan bulan agustus mendatang dan segera untuk launching pada bulan september (sh)