Pengendalian Hama Tikus Pada Tanaman Jagung

By Dani 24 Agu 2017, 09:35:34 WIBArtikel

Pengendalian Hama Tikus  Pada Tanaman Jagung

Tikus mempunyai  daya reproduksi yang tinggi. Hewan penerat ini dapat melahirkan sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Populasi tikus dipengaruhi oleh  faktor lingkungan seperti sumber air, sarang dan ketersediaan makanan. Pengendalian habitat tikus harus memperhatikan bioteknologi hewan ini. Tikus mengandalkan indera penciuman, pendengaran dan indera perasa untuk mendeteksi keberadaan sumber makanan.

Tikus pada umumnya menyerang pertanaman jagung dilahan sawah setelah pertanaman padi. Tikus menyerang pada fase generatif atau fase pembentukan tongkol dan pengisian biji. Tongkol yang telah masak susu dimakan oleh tikus sehingga tongkol menjadi rusak dan musah teninfeksi  jamur. Bagian yang disukai tikus biasanya pada ujung tongkol sampai bagian pertengahan.

Pengendalian hama tikus dapat dilakukan secara hayati, sanitasi, mekanis, dan kimiawi. Pengendalian hayati dilakukan dengan memanfaatkan predator seperti kucing, ular, dan burung hantu. Penggunaan  patogen sebagai agen pengendali  tidak dianjurkan karena berdampak negatif bagi manusia. Pengendalian secara mekanik dapat dilakukan dengan menggunakan pemagaran dengan plastik, pemasangan bubu perangkap, perangkap hidup, dan perangkap berperekat sampai menggunakan bunyi-bunyian. Pengendalian secara kimiawi dilakukan dengan menggunakan bahan beracun baik dalam bentuk ready mix bait atau ready mix dust yang banyakdijumpai di pasaran. Penggunaan emposan menggunakan bahan fumigasi juga cukup efektif menekan populasi hama tikus. (Balai penelitian Tanaman Serealia)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. How to Change Gmail Password 21 Sep 2017, 16:31:23 WIB

    When you first signed up for your Gmail account, you had to pick a password, which will remain the same until and unless you manually change it yourself.

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Dispertan Prov. Kaltim

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+ dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Apa Website ini sudah baik dalam penyampaian data?
  Baik
  Cukup
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • halloween images

    Celebrated on October 31, the festival of Halloween is one of the oldest ...

    View Article
  • tej app

    I want to thank you for interesting and helpful information and I like your point ...

    View Article
  • Mobdro for Android

    Before we start the guide on how to download Mobdro Apk for Android I will ...

    View Article
  • soccer live streaming free

    semoga berhasil dalam mengembangkanya. ...

    View Article