Peran dan Kontribusi Dinas Pangan TPH Dalam Pengambilan Kebijakan Pembangunan Daerah

02 Apr 2018, 08:45:03 WIBArtikel

Peran dan Kontribusi Dinas Pangan TPH Dalam Pengambilan Kebijakan Pembangunan Daerah

Provinsi Kalimantan Timur dikenal sebagai daerah yang kaya dengan sumber daya alam. Sumber daya alam tersebut merupakan modal dasar pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat seutuhnya. Namun, pengolahan potensi sumber daya alam harus dikelola dengan prinsip dasar pembangunan berkelanjutan agar pemenuhan kesejahteraan masyarakat pada saat ini tidak mengorbankan pembangunan generasi di masa mendatang (Brundtland Commission, 1987). Untuk itu, visi dan misi pembangunan Provinsi Kalimantan Timur diterjemahkan dalam paradigma pembangunan yang menjaga keseimbangan antara kesejahteraan ekonomi, sosial, dan lingkungan.
Sesuai dengan analisis isu strategis pembangunan Provinsi Kalimantan Timur, rencana pembangunan tidak hanya dititikberatkan pada pengelolaan unrenewable resources tetapi lebih pada (transformasi) renewable resources yang berpihak pada lingkungan dan kesejahteraan masyarakat dalam jangka panjang. Untuk mewujudkan keseimbangan tersebut, pembangunan Provinsi Kalimantan Timur diarahkan pada model pembangunan ekonomi hijau sebagai rezim pembangunan untuk menjaga keseimbangan antara pilar ekonomi, lingkungan, dan sosial, serta mewujudkan kondisi masyarakat yang lebih baik dan berkeadilan sosial dengan mengurangi risiko kerusakan lingkungan.
Dalam rangka memajukan Provinsi Kalimantan Timur, ditetapkan visi RPJMD tahun 2013-2018 yaitu “Mewujudkan Kaltim Sejahtera yang Merata dan Berkeadilan Berbasis Agroindustri dan Energi Ramah Lingkungan”. Berdasarkan visi tersebut maka ditetapkan 5 Misi pembangunan jangka menengah sebagai berikut :

1.Mewujudkan kualitas sumber daya manusia Kaltim yang mendiri dan berdaya saing tinggi
2.Mewujudkan daya saing ekonomi yang berkerakyatan berbasis sumber daya alam dan energy terbarukan
3.Mewujudkan infrastruktur dasar yang berkualitas bagi masyarakat secara merata
4.Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang profesional, transparan dan berorientasi pada pelayanan public
5.Mewujudkan kualitas lingkungan yang baik dan sehat serta perspektif perubahan iklim
Dalam rangka mewujudkan transparansi dan akuntabilitas dalam melaksanakan tugas dan bahan pengambilan keputusan dalam perencanaan tahun berikutnya yang mengacu pada Visi dan Misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Provinsi Kalimantan Timur khusus nya Misi ke II dan ditindaklanjuti dengan Rencana Strategis Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur dengan Visi yaitu : “Terwujudnya Swasembada Beras dan Meningkatnya Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Berbasis Keunggulan Lokal Yang Mampu Beradaptasi dan Mendukung Mitigasi Perubahan Iklim”.
Berdasarkan visi dan misi Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur menyusun program 2017-2018 yang tercantum dalam Rencana Strategis dengan tujuan utama kegiatan Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur sebagai berikut : 1). Meningkatkan produksi tanaman pangan dan hortikultura, 2). Meningkatkan penanganan pemasaran hasil dan 3) Meningkatkan ketersediaan pangan.
Dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan, Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur menyusun strategi dengan pola yaitu:
1.Peningkatan persentasi ketesediaan pangan;
2.Peningkatan skor PPH diversifikasi;
3.Peningkatan persentase penurunan konsumsi beras;
4.Peningkatan persentase keamanan pangan;
5.Peningkatan jumlah ketersediaan penyuluh;
6.Peningkatan produksi, kualitas dan nilai tambah produksi padi, jagung, kedelai dan ubi kayu;
7.Mempertahankan luas lahan fungsional yang ada teutama di lahan marginal;
8.Perbaikan dan penyediaan sarana dan prasarana pertanian;
9.Pengembangan kawasan sentra padi dengan skala luasan ekonomis per kecamatan sesuai dengan Good Agriculture Practices (GAP);
10.Pengembangan kawasan sentra hortikultura dengan skala luasan ekonomis per kecamatan se