Petani Jambu Kristal Terima Sertifikat Prima 3

11 Jul 2019, 09:21:58 WIBKabar Kaltim

Petani Jambu Kristal Terima Sertifikat Prima 3

Penyediaan pangan yang disertai terjaminnya keamanan  merupakan hal yang tidak bisa ditawar dalam pemenuhan kebutuhan pangan. Keamanan pangan telah menjadi salah satu isu sentral dalam perdagangan produk pangan. Untuk menjamin bahwa penanganan pangan hasil pertanian dilaksanakan dengan baik, maka unit usaha pangan hasil pertanian harus mendapatkan pengakuan jaminan mutu pangan hasil pertanian. Pengakuan tersebut diberikan setelah dilakukan penilaian terhadap pelaku usaha yang dinyatakan mampu dan memenuhi persyaratan.

Dalam hal ini Dinas Pangan Tanaman Pangan selaku Ketua Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKP-D) Provinsi Kalimantan Timur memberikan  sertifikat Prima 3 kepada bapak Eko HR asal Karang Joang Balikpapan Utara atas komoditi “Jambu Kristal”.

Setifikat diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pangan TPH Dr. Ir.H.Ibrahim, MP  dikebun jambu kristal milik petani langsung dan komoditas dimaksud aman dikonsumsi dari pada cemaran pestisida dan mikroba.

“Dengan sertifikat Prima 3 ini maka komoditas  atau jambu kristal ini sudah sangat aman untuk dimakan atau dinikmati dan kita harapkan akan ada komoditi komoditi lain yang akan mendapat sertifikat Prima 3 sehingga terciptanya daya saing dan menimbulkan kesadaran produsen menuju persaingan sehat yang berhulu pada jaminan keamanan pangan bagi konsumen,” Ujar Ibrahim disela-sela acara pemberian sertifikat. (sh)