Petani Kaltim Harus Maju dan Sejahtera

By Dani 26 Sep 2013, 10:03:40 WIBKabar Kaltim

Petani Kaltim Harus Maju dan Sejahtera

SAMARINDA – Petani Kaltim harus maju dan sejahtera. Petani harus menguasai teknologi pertanian terkini, menguasai peralatan permesinan dan petani  harus memiliki lahan yang cukup untuk menunjang kesejahteraan kehidupan.  
Demikian Ditegaskan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim  H. Ibrahim usai peringatan Hari Tani Nasional tingkat provinsi Kaltim yang dipusatkan di Dusun Sukorejo Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara, Selasa (24/9).  
“Hari Tani Nasional diperingati karena adanya keinginan reformasi lahan pertanian melalui Undang-Undang Agraria. Tanah yang sebelumnya dikuasai feodalisme beralih kepada kepemilikan masyarakat. Momentum inilah yang harus diingat bahwa pemerintah harus mendukung kepemilikan lahan oleh petani,”ujarnya.
Menurut dia, latar belakang diperingatinya Hari Tani Nasional adalah untuk mengingatkan kita semua bahwa petani di Indonesia termasuk di Kaltim layak untuk mendapat lahan pertanian dengan luasan antara  dua hingga lima hektar
Dijelaskan, saat ini terdapat 274.000 rumah tangga tani di Kaltim dengan rata-rata penghasilan antara Rp3,5 hingga Rp7,5 juta per bulan yang didapat dari semua sektor pertanian, yaitu pertanian tanaman pangan, perikanan, kehutanan dan perkebunan.   
Dukungan pemerintah kini tidak saja melalui distribusi lahan, tetapi juga melakukan perlindungan lahan, bantuan pengurusan surat tanah  dan bantuan-bantuan  untuk menghasilkan produksi berupa bibit dan peralatan.  
“Kita harus mengubah pandangan bahwa menjadi petani adalah pekerjaan yang kotor bergelut dengan lumpur dan tanah. Saat ini untuk menjadi petani tidak lagi harus memegang cangkul dan parang, tetapi telah menggunakan alat permesinan modern,” ujarnya.    
Dalam pering

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. bid4papers 23 Mar 2017, 18:15:21 WIB

    National Farmers Day is to remind us all that the farmers in Indonesia, including in East Kalimantan is eligible for agricultural land with an area of between two to five hectares.

    sari roti 03 Jul 2017, 15:44:35 WIB

    sangat bermanfaat kegiatannya.

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Dispertan Prov. Kaltim

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+ dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Apa Website ini sudah baik dalam penyampaian data?
  Baik
  Cukup
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Idm Crack

    I am very comfortable and pleased to come here. Thank you very much. ...

    View Article
  • Chinelos personalizados para casamento

    This is really a nice and informative, containing all information and also has a ...

    View Article
  • Grammys 2018

    Awesome ...

    View Article
  • February Calendar 2018

    Great post! I am actually getting ready to across this information, is very helpful ...

    View Article