Petani Kaltim Terima Sertifikat Prima 3

18 Mar 2019, 10:53:04 WIBKabar Kaltim

Petani Kaltim Terima Sertifikat Prima 3

Keamanan pangan telah menjadi salah satu isu sentral dalam perdagangan produk pangan. Penyediaan pangan yang cukup disertai terjaminnya keamanan, mutu dan gizi pangan yang dikonsumsi merupakan hal yang tidak bisa ditawar dalam pemenuhan kebutuhan pangan. Tuntutan konsumen akan keamanan pangan yang juga turut mendorong kesadaran produsen menuju persaingan sehat yang berhulu pada jaminan keamanan pangan bagi konsumen. Untuk menjamin bahwa penanganan pangan hasil pertanian . Pemberlakuan UU nomor 18 tahun 2012 tetang pangan, merupakan sebuah langkah maju yang dicapai Pemerintah dalam upaya memberikan perlindungan kepada konsumen terhadap pangan yang sehat, aman dan halal.

Kepala Dinas Pangan,Tanaman Pangan dan Hortikultura menyerahkan sertifikat Prima 3 kepada petani dengan budidaya tanaman jelai dan kangkung, disela-sela apel gabungan yang dilaksanakn di parkir Dinas Pangan TPH (03/18).

Sertifikat Prima proses pemberian sertifikat sistem budidaya  produk yang dihasilkan setelah melalui pemeriksaan, pengujian, dan pengawasan serta memenuhi semua persyaratan untuk mendapatkan label produk, dan Sertifikat  Prima Tiga (P-3) adalah penilaian yang diberikan terhadap pelaksana usaha tani dimana produk yang dihasilkan aman di konsumsi.

“Tuntutan konsumen saat ini semakin tinggi dan persyaratan standar mutu dan kemanan pangan di peredaran semain ketat dan beberapa standar pangan yang telah diberlakukan wajib dan oleh karenanya perlu sertifikasi aman pangan,”ujar Ibrahim

Harapan saya adalah saudara-saudara yang telah menerima Sertifikat Prima 3 dan Nomor PSAT, agar dapat menjaga kualitas produk sampai masa berlakuknya, karena Tim OKKPD akan selalu memonitor kondisi produk selama masih di produksi. (hms/sh)