Rakor LTT dan Percepatan Tanam TP Kalimantan Timur

28 Mar 2019, 15:21:01 WIBKabar Kaltim

Rakor LTT dan Percepatan Tanam TP Kalimantan Timur

Samarinda - Dinas Pangan Tanaman Pangan Propinsi Kalimantan Timur melaksanakan  rapat koordinasi Luas Tambah Tanam dan Percepatan Tanam se Kaltim yang dilaksanakan di Hotel Haris Samarinda yang berlangsung selama dua hari. Pertemuan laksanakan dengan tujuan yang sangat penting dalam rangka mendapatkan data luas tambah tanam, luas panen dan produksi  pangan secara akurat dan terpercaya. Rakor tersebut dihadiri oleh Mustakvirin  PJ Upsus,  BPTP, narasumber, Komandan Korem dan peserta dari Kabupaten /Kota,  dan dibuka Oleh Kepala Dinas Pangan TPH DR,Ir,H,Ibrahim, MP. (03/27).

“Saya sangat mengharapkan dengan rakor ini akan meningkatkan  komunikasi antara pihak-pihak yang terkait dalam pengelolaan data LTT pertanian yang lebih akurat,” Ujar DR.Ir.H.Ibrahim, MP dalam pembukaan.

“Ketersediaan data yang valid dan akurat merupakan komponen penting dalam pengambilan kebijakan pembangunan pertanian saat ini dan yang akan  datang”, Kata Ibrahim.

Luas Tanam Padi Kaltim Tahun 2018  seluas 105.355,9 Ha, sedang  Luas Panen 100.383,3 Ha dan Produksi Gabah Kering  sebesar 292.479 Ton.  Luas tanam dan luas panen padi Kaltim tahun 2018 mengalami peningkatan di banding tahun 2017 akan tetapi Kaltim mengalami penurunan produksi gabah kering di tahun 2018 di banding tahun 2017 sejumlah 41.859 Ton.

“Dengan demikian diharapkan  rapat koorinasi ini dapat menjadi solusi yang tepat di dalam pelaporan data LTT harian yang dilaporkan disampaikan secara teliti , tepat waktu serta dapat dipertanggungjawabkan”,Harap Ibrahim. (sh)