Rapat Koordinasi Pangan Terpadu 2017

28 Feb 2017, 15:33:31 WIBKabar Kaltim

Rapat Koordinasi Pangan Terpadu 2017

SAMARINDA - Gubernur Kalimantan Timur Prof.Dr.H. Awang Faroek Ishak, didampingi oleh Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Kaltim Dr.Ir.Ibrahim,MP secara resmi membuka Rapat Koordinasi Pangan Terpadu 2017  di Ruang Rapat Olah Bebaya Lamin Etam Kantor  Gubernur Kaltim,  senin (28/02).

Tema Rakor Pangan kali ini adalah Sinergitas Pembangunan Pertanian dan Perikanan untuk Mewujudkan Peningkatan Produksi dan Mutu Komoditas Pangan Berdaya Saing Tinggi Guna Memacu Ekspor ” Tema ini menjadi sangat penting ditengah-tengah upaya kita untuk keluar dari jeratan pangan import, yang jumlah dan besaran nilainya semakin meningkat.

Rapat Koordinasi Pangan Terpadu Tahun 2016 ditujukan untuk mencapai dua hal pokok, pertama untuk menjamin ketersediaan konsumsi pangan dan kedua menyediakan bahan baku untuk membangun industri berbasiskan sumberdaya alam terbarukan dalam rangka melepaskan ketergantungan ekonomi Kalimantan Timur pada migas dan batu bara.

Sejalan dengan itu, maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui OPD terkait siap bersinergi dan memadukan program kegiatan, bekerja sama bahu membahu dengan jajaran Kodam VI Mulawarman dan Stakeholder terkait lain melalui pelaksanaan UPSUS (Upaya Khusus) untuk mensukseskan swasembada padi, jagung dan kedele (PAJALE), Sapi, Sawit, dan Produk Perikanan dalam 3 tahun sejak 2015 yang lalu, selain itu juga memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Kalimantan Timur.

Perencanaan pembangunan pertanian sekarang diarahkan ke kawasan pertanian, dalam rangka membangun pertanian dalam arti luas secara utuh dan terpadu dari sub sektor Tanaman Pangan dan Hortikultura,  Peternakan dan Kesehatan Hewan, Perkebunan, serta Kelautan dan Perikanan. Menjadi satu kesatuan yang utuh secara perspektif system dan kewilayahan sehingga dapat mendorong peningkatan daya saing komoditas wilayah serta pada gilirannya dapat berkontribusi mamacu eksport dan meningkatkan pendapatan petani nelayan.

Diharapkan Rapat Koordinasi Pangan dapat menjadi wahana komunikasi lembaga terkait dalam mengevaluasi dan menyiapkan rencana program, kegiatan, dalam mendorong dukungan semua pihak di provinsi dengan kabupaten/kota maupun dengan pihak lain untuk mewujudkan sasaran RPJMD yaitu kemandirian pangan di kaltim 2018.(hms.dinaspangan.tph)