Sayur Dan Buah Petani Harus Masuk Pasar Modern

25 Sep 2013, 12:45:33 WIBKabar Kaltim

Sayur Dan Buah Petani Harus Masuk Pasar Modern

Peringatan Hari Tani Nasional 2013

SAMARINDA – Produk sayur dan buah sehat yang dihasilkan petani Kaltim diharapkan dapat terserap pasar modern di daerah ini. Sehingga, produksi  sayur dan buah sehat dapat meningkatkan kesejahteraan petani.
Demikian harapan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat menghadiri Peringatan Hari Tani Nasional tahun 2013  di Kaltim, yang dipusatkan di Dusun Sukorejo Kelurahan Lempake Samarinda Utara, Selasa (24/9).   
”Pemenuhan pasokan sayur dan buah oleh petani ke pasar modern masih memiliki peluang besar. Tinggal bagaimana pasokan, pengemasan dan seleksi produk sayur dan buah yang akan dijual nantinya,” kata gubernur.   
Dalam kesempatan itu, Awang Faroek mempertemukan petani dengan pengelola supermarket di Samarinda yang diwakili oleh Fathamsyah dari Hypermart dan Saipul A dari Foodmart Samarinda.   
Pihak pasar modern menyatakan siap menerima produk sayur dan buah sehat dari petani asalkan sesuai dengan kriteria, memiliki kontinuitas pengiriman  dan produk selalu ada tidak tergantung dengan musim.   
Dijelaskan bahwa produk sayur dan buah yang ada di pasar modern Kaltim saat ini, masih didatangkan dari Surabaya dan Malang dengan perbandingan 20 persen produk lokal dan 80 produk luar Kaltim.  
Lanjut gubernur,  pengembangan hortikultura di Kaltim mem