Swasembada Harus Segera Diwujudkan

10 Feb 2014, 07:52:04 WIBKabar Kaltim

Swasembada Harus Segera Diwujudkan

PANAJAM-Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Sepaku, Kabupaten  Panajam Paser Utara (PPU) untuk melihat langsung  hasil pembangunan khususnya pada sektor usaha pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan.

Memanfaatkan kunjungan kali ini,  Wagub Mukmin Faisyal melakukan dialog dengan masyarakat Sepaku. Dialog dilakukan di Aula Kantor Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Jumat (7/2).

Di hadapan masyarakat Panajam, Wagub menjelaskan, sektor pertanian menjadi prioritas pembangunan Pemprov Kaltim sehingga diharapkan produktivitas hasil usaha pertanian ke depan akan terus meningkat. "Pembangunan pertanian  dalam arti luas merupakan salah satu prioritas pembangunan Kaltim, selain peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan pembangunan infrastruktur," kata Mukmin.

Dijelaskan, pertanian dalam arti luas menjadi pokok perhatian karena Kaltim memiliki potensi yang cukup besar, yakni tersedianya sekitar 3 juta hektar lahan kering dan 1 hektar lahan basah yang dapat digunakan untuk pertanian tanaman pangan dan hortikultura lainnya.

"Sekarang ini pembangunan pertanian tanaman pangan dan hortikultura di Kaltim diarahkan dengan sasaran mewujudkan swasembada pangan khususnya beras karena hingga kini kita belum mampu berswasembada," ujarnya.

Swasembada akan diusahakan melalui peningkatan produktivitas, perluasan areal tanam, pengamanan produksi dan dukungan penguatan kelembagaan. Selain itu untuk pembangunan fisik dilaksanakan program atau kegiatan pengelolaan lahan dan air yang meliputi optimalisasi lahan, pembuatan pintu, pembangunan jalan usaha tani dan pencetakan sawah.

"Program swasembada beras harus segera diwujudkan sekaligus untuk ketahanan dan kemandirian pangan asal nabati, dengan tujuan meningkatkan kemampuan penyediaan beras yang dihasilkan oleh para petani," harap Wagub.

Kepada Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kecamatan Sepaku khususnya, diimbau agar terus memberikan perhatian kepada para petani, nelayan, peternak dan para pekebun yang didukung dengan pengalokasian anggaran dana pembangunan yang memadai, maupun rangsangan lain yang dapat memacu usaha pertanian dalam arti luas yang ada di daerah ini, agar makin bergairah lagi.

        Selain itu, sasaran swasembada usaha pertanian ke depan juga ditargetkan untuk produksi palawija seperti jagung dan kacang-kacangan, serta hasil usaha perikanan tambak, kolam, ikan hias dan usaha peternakan seperti ternak sapi, kerbau dan kambing.

"Pemprov Kaltim juga akan terus berusaha memberikan dorongan dan dukungan dengan memberikan bantuan alat-alat mesin pertanian. Semoga apa yang dapat kita bangun dan sumbangkan untuk membantu para petani dan warga masyarakat di daerah ini akan memberikan kebaikan bagi masyarakat," harapnya.

Camat Sepaku Risman Abdul mengucapkan terimakasih atas kunjungan Wagub HM Mukmin Faisal bersama rombongan. Dia mengusulkan agar jalan dan sarana air bersih menjadi perhatian pemprov Kaltim karena Sepaku juga bagian dari Pemprov Kaltim.

Pada kesempatan itu Wagub menyerahkan bantuan alat-alat pertanian kepada kelompok tani berupa tiga unit hand traktor, satu power thressher, satu unit cultivator, tiga unit hand sprayer dan 20 lembar terpal.

Pada kunjungan kali ini Wagub Mukmin Faisyal didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura H Ibrahim, Kepala Dinas Peternakan Kaltim Dadang Sudarya, Kepala Dinas Per