Tips Ampuh Merawat Jambu Madu Agar Berbuah

30 Mei 2017, 10:23:08 WIBArtikel

Tips Ampuh Merawat Jambu Madu Agar Berbuah

*sumber: agrotani.com 

Beberapa hal yang harus di perhatikan untuk membuat tanaman jambu madu anda berkembang dan barbuah banyak. Jambu madu adalah jenis jambu air yang memiliki rasa yang manis seperti madu. Tanaman ini sangat cocok di tanam di pekarangan rumah atau dengan media lain seperti media pot. Menanam tanaman ini tergolong sangat mudah, jadi tidak memerlukan waktu panjang dalam perawatan yang optimal.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menunjang faktor keberhasilan dalam memelihara jambu madu atau jambu air :

Varietas

adalah faktor yang memeiliki peran penting dalam budidaya, hal yang harus anda lakukan sebelum menanam tentukan jenis varietas yang benar – benar baik dan berkualitas unggul. Pada pasaran biasanya penyedia bibit atau varietas yang baik tersedia beragam, namun varietas unggul biasanya relatif lebih mahal di bandingkan dengan varietas yang biasa. Kami sarankan anda memilih varietas yang sudah terbukti unggul karena akan sesuai dengan kualitas yang nantinya anda dapat.

Varietas yang unggu lebih baik dalam ketahanan serangan hama dan penyakit. Hal ini menunjukan bahwa varietas unggu sangat berpengaruh, maka anda harus hati – hati dalam memilih bibit tanaman jambu.

 

Tanam Pada Posisi yang Tepat. 

Perhatikan dalam penanaman, biasanya tanaman ini memiliki jarak tanam 2,5 hingga 3 meter. Penanaman bisa di tanam dengan media pot atau dengan langsung ke dalam tanah. Kemudian jika anda menggunakan media pot anda perhatikan jarak pada satu sama lain dalam penataan, pada perinsipnya sama jarak tanam untuk memudahkan daun atau krolopil (zat hijau daun) bisa terkena sinar matahari langsung. Pada pot anda harus menggunakan pot yang berukuran besar, jangan terlalu kecil karena menghambat perakaran dan pertumbuhan tanaman jambu

 

Siram di Pagi dan Sore Hari

Penyiraman di lakukan pada pagi hari dan sore hari, karena jambu air memerlukan jumlah air yang cukup untuk tumbuh normal, jika kekurangan air biasanya ditandai dengan layunya pada daun. Sebelum anda menyiram lihat dulu kelembaban tanah, jika tanah benar – benar kering anda bisa melakuakn penyiraman hingga 3 – 4 kali dalam sehari, jika hujan anda tidak perlu lagi menyiramnya kembali, karena dengan air hujan tanah akan lembab.

 

Berikan Pupuk Kandang dan Pupuk NPK

Pemupukan bertujuan memberikan unsur hara yang di butuhkan oleh tanaman, agar pohon jambu anda lebat dan berbuah bagus, anda hanaya memberikan pupuk kandang dan pupuk NPK secara terjadwal. Taburkan pupuk sekeliling tanaman dan jangan sampai meyentuh batang pohon, pada fase proses pembentukan buah pemberian pupuk di tingkatkan menjadi 2 kali/minggu.

 

Berantas Hama dan Penyakit

Serangan hama dan penyakit sangat rentang sekali menyerang tanaman. Hal ini harus kita cegah dengan beberapa hal yang dapat menurunkan kualitas buah. G