Buah Terong

23 Nov 2017, 13:40:36 WIBArtikel

Buah Terong

Memiliki Kandungan Gizi

Buah terong (Solanum melongena)  memiliki kandungan  gizi yang cukup tinggi, terutama kandungan vitamin A, B dan C dan komposisi unsur gizi yang tekandung dalam terung terdiri atas kalori, protein, lemak hidrat arang, kalsium, fospor, zat besi, vitamin A, B dan C dan air serta abahan yang dapat di makan.

Menurut Dirjen Hortikultura, tanaman terung diduga berasal  dari India dan di Indonesia selanjutnya tersebat di banyak negara misalnya Rusia, Afrika Tengah, Malaysia dan beberapa negara lainnya, Oleh karena terung memiliki beberapa nama yang berbeda di beberapa daerah  Jawa terong, cuang, taung (bali), Nasubi (jepang), Terung (Melayu) Egg Plant (Eropa).

Tanaman terung merupakan salah satu jenis-jenis sayuran yang banyak dikonsumsi masyarakat baik dalam bentuk segar maupun olahan. Dapat dibudidayakan di dataran tinggi maupun rendah tanpa memiliki persyaratan tumbuh yang terlalu spesifik. Berbagai varietas terung saat sekarang telah banyak direkomendasikan untuk dibudidayakan petani.

Terung termasuk tanaman setahun yang berbentuk perdu dan berbatang pendek, berkayu dan bercbang. Berdasarkan bentuk buahnya terung dapat dibagi atas 4 tipe yaitu :

  1. Terung Kopek

Buah berbentuk bulat panjang dengan bagian ujung tumpul, warna buah terung ungu atau hijau keputih-putihan.

        2. Terung Craigi

            Buah berwarna ungu atau ungu muda, buah berbentuk bulat panjang dan ujungnya runcing

       3. Terung Bogor (terung kelapa) bercirikan buah berbentuk bulat dan berwarna hijau keputih- putihan cita rasa renyah dan

           sedikit  getir.

      4. Terung gelatik (terung lalap) buahnya berbentuk bulat berukuran lebih kecil dari pada terung bogor, berwarna ungu dan putih

         keungu-unguan dengan rasa renyah dan manis (tidak getir).  

Disamping itu kini banyak pula dikembangkan terung hibrida yang buahnya diproduksi oleh beberpa perusahaan swasta, misalnya vaietas mustang, fortuna, benteng, dadali, formers long, pingtung long, bride, extra long, gelatik, money marker No.2.

Buah Unggul Bermutu

Masalah utama yang dihadapi dalam budidaya terung adalah tidak tersedianya benih unggul bernutu dan kalaupun ada harganya sangat mahal, sehingga petani tidak mampu. Juga petani sebagian besar  melakukan budidaya secara tradisional. Olehkarena itu perlu adanya penyediaan benih unggul bermutu dengan harga  terjangkau oleh para petani. Disamping itu melakukan pembinaan dan pelatihan cara budidaya yang baik dan benar.

Ditingkatkan

Belakangan ini kehadiran produk hortikultura impor semakin mengkhawatirkan para pelaku usaha dalam negeri. Hal ini disebabkan karena adanya kenaikan konsumsi dalam negeri sehingga mampu menjankau keberbagai pelosok, bahkan di desa. Oleh karena itu produksi terung perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan menghemat devisa.

Meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak impor komoditi terung meningkat dari china, Selandia Baru, Australia dan lain-lain negara. Apabila kita mengusahakan terung berdasarkan analisa usaha yang telah dilaksankan diperoleh keun