Dinas Pangan TPH Kaltim dan Universitas Mulawarman Kerjasama Perluasan Sawah

19 Jul 2017, 10:37:52 WIBKabar Kaltim

Dinas Pangan TPH Kaltim   dan  Universitas Mulawarman  Kerjasama Perluasan Sawah

SAMARINDA- Peningkatan produksi padi melalui perluasan sawah masih dimungkinkan, karena potensi lahan yang sesuai untuk perluasan sawah cukup luas. Sebelum melaksanakan kegiatan perluasan sawah, terlebih dahulu diperlukan upaya mengetahui kelayakan potensi lahan hasil identifikasi Calon Petani dan Calon Lokasi (CP/CL) untuk dijadikan sawah baru dengan melakukan survey dan investigasi calon lokasi serta pembuatan desain terhadap lokasi yang layak untuk dijadikan sawah baru.

Dan dengan upaya itu Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikulturamelakukan penandatangan kesepahaman kontrak kerja dengan Universitas   Mulawarman,  penandatangan dilakukan oleh Prof. Dr. H. Masjaya M.Si  Rektor Unmul dan  Dr. Ir. H. Ibrahim, MP  Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Di Ruang Rapat Dinas Pangan TPH (17/07/17).

Kontrak kerja yang dilakukan adalah mengenai perluasan areal sawah maupun hortikultura, dimana fihak Universitas Mulawarman melakksanakan dua hal, pertama adalah identifikasi Calon Petani dan Calon Lokasi (CP/CL) dan kemudian melakukan survei inverstigasi desain (SID).

“Harapan kita dengan kerjasama dengan fihak Unmul adalah memanfaatkan tenaga ahli/survei dari Perguruan Tinggi setempat dan sedikit tidaknya sangat memahami wilayah Kalimantan Timur itu sendiri”,  Ungkap Ibrahim dalam pertemuan tersebut.

Kedepan setelah CP/CL dan SID selesai dan cetak sawah dilaksanakan maka fihak Dinas Pertanian Kabupaten/Kota untuk serius dan segera melakukan pembinaan kepada petani agar lahan yang dicetak dimanfaatkan sebaik-baiknya karena pada akhirnya yang ingin dicapai adalah meningkatknya produksi pangan. (hms)