Gerakan Percepatan Tananm Jagung

02 Mar 2018, 12:53:25 WIBKabar Kaltim

Gerakan Percepatan Tananm Jagung

le="text-align: justify;">Bupati Berau Muharram mengatakan sektor pertanian menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau dengan terus memberikan dukungan dan motivasi kepada petani, karena peran petani sangat penting dalam mewujudkan kedaulatan pangan. Sehingga membangun pertanian, kata Muharram, harus dilakukan secara terencana mulai dari pengelolaan lahan hingga pengolahan hasil pertanian.

Pemkab Berau, lanjut Muharram, sangat mendukung petani jagung, salah satunya dengan bekerjasama pihak swasta melalui program produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades) yang dipelopori Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Bahkan, tidak hanya jagung, dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah ditandatangani juga dikerjasamakan pengembangan lada dan kakao di Berau.

“Sehingga petani tidak lagi harus ragu memaksimalkan produk unggulan ini karena terkait pemasaran akan di-back up perusahaan yang bergerak di bidang masing masing,” tegasnya.

Bahkan ke depan, dikatakan Muharram, akan dikembangkan industri hilir jagung di Bumi Batiwakkal –sebutan Kabupaten Berau-. Hal ini ditambah dengan sudah adanya pengusaha yang akan membangun pabrik pakan ternak di Berau. Sehingga hasil produksi petani tidak langsung dijual, namun akan diolah di daerah guna meningkatkan nilai produknya.

Capaian produksi jagung harus konsisten sehingga mampu memenuhi kebutuhan atau permintaan yang ada. Bupati Muharram juga mendorong pengembangan produk jagung organik yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

Sementara Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, mengaku bangga dengan kemajuan pertanian di Berau.

Sinkronisasi program kabupaten