Hari Pangan Sedunia: Menyambut migrasi anak muda kembali ke pertanian

23 Okt 2017, 12:45:30 WIBBerita Nasional

Hari Pangan Sedunia: Menyambut migrasi anak muda kembali ke pertanian

i ini bukan tanpa harapan. Sekarang ini, semakin banyak anak-anak muda yang merangkul pertanian sebagai pilihan profesi dan sumber nafkah. Pola usaha rintisan (start-up) yang menggabungkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai aplikasi dengan kegiatan pertanian juga melibatkan para petani kecil mulai diminati oleh orang-orang muda terdidik.

Inovasi dan kreativitas menjadi kekuatannya, dan telah mulai memberi dampak dan memberi pendapatan yang layak bagi para pengusahanya. Jumlahnya belum banyak, tetapi generasi baru para wiratani (agripreneur) muda mulai mewarnai khasanah pertanian Indonesia. Ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Hari Pangan Sedunia 2017 masih menghadapi banyak masalah yang sama, tetapi juga menandai suatu perkembangan baru yang diharapkan memberi celah cerah (silver lining) dalam pengembangan pertanian Indonesia di masa depan. Semoga. —Rappler.com

DR Ir Bayu Krisnamurthi adalah anggota dewan global AndGreenFund. Ia juga mantan Wakil Menteri Perdagangan RI dan mantan Wakil Menteri Pertanian RI. Kini mengajar di Institut Pertanian Bogor (IPB)