Indonesia dan Taiwan Jalin Kerjasama di Sektor Pertanian

25 Apr 2017, 09:23:01 WIBBerita Nasional

Indonesia dan Taiwan Jalin Kerjasama di Sektor Pertanian

psi oleh Indonesia.

Bidang lain yang berpotensi untuk dikembangkan bersama oleh Indonesia dan Taiwan adalah investasi industri gula.  Taiwan sebelumnya sudah menunjukkan ketertarikannya untuk berinvestasi dalam skala besar. Ketertarikan tersebut ditunjukkan ketika Desember tahun lalu, delegasi dari Taiwan sudah melakukan kunjungan untuk secara intensif berdiskusi dengan pihak Indonesia dan Taiwan bersama-sama mengobservasi lahan yang potensial untuk berinvestasi gula.

 “Pimpinan delegasi Taiwan saat itu menunjukkan ketertarikan yang besar untuk berinvestasi di Indonesia. Investasi akan secepatnya dilakukan ketika pemerintah Taiwan memberikan secara resmi persetujuannya”, ungkap Mentan.

Selain itu, Pemerintah Taiwan juga telah memperkenalkan beberapa model teknologi untuk pengembangan sektor hortikultura di Indonesia. Kementerian Pertanian Taiwan melalui International Cooperation and Development Fund (ICDF) dan Taiwan Technical Mission (TTM) telah berhasil  memperkenalkan beberapa model yang dimiliki mereka untuk pengembangan hortikultura di Indonesia.

"Saya sangat menghargai bantuan TTM dalam pengembangan budidaya asparagus di Bali, jambu di Bogor, serta modern green house dan packing house untuk hortikultura di Lembang. Semoga bantuan ini dapat terus dilanjutkan untuk pengembangan hortikultura Indonesia selanjutnya”, kata Mentan.

Di samping tiga bidang tersebut, bidang lain yang menjadi perhatian Indonesia dan Taiwan untuk dikembangkan bersama adalah budidaya pertanian organik. Taiwan akan memberikan pengalamannya dalam budidaya pertanian organik, khususnya pengembangan pertanian organik