Kartu Tani, Era Baru Sejahterakan Petani Indonesia

12 Jun 2017, 12:53:17 WIBBerita Nasional

Kartu Tani, Era Baru Sejahterakan Petani Indonesia

i Indonesia.

Bupati Sumenep Abuya Busyro Karim menyampaikan Kabupaten Sumenep untuk tahun ini telah siap menerima subsidi pupuk melalui Kartu Tani. Dari 3.908 kelompok tani dengan jumlah petani 96.098, seluruhnya atau 100% telah dibukakan rekening untuk Kartu Tani. "Kabupaten Sumenep sudah siap menerima program baru, Kabupaten Sumenep sudah siap melakukan penebusan dan pembelian pupuk subsidi melalui Kartu Tani", ungkap Busyro Karim. Perlu diketahui Kabupaten Sumenep memiliki potensi pertanian yang patut diperhitungkan dengan 40% lahan pertanian dari luas daratan dan 60% masyarakatnya merupakan petani.

Dalam launching ini dihadiri langsung oleh Menteri BUMN Rini Sumarno beserta jajaran Direksi BUMN. Menteri Rini sempat menyampaikan apresiasi kepada para petani, "Saya ingin memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada semua pihak terutama para petani  Kabupaten Sumenep, karena disini yang paling komplit, bisa 100% (Kartu Tani) dalam waktu singkat, yang lainnya belum, karena itu kita launching untuk Jawa Timur ini di Kabupaten Sumenep", tutur Menteri Rini. Kartu Tani ini diharapkan Menteri Rini dapat meningkatkan mensejahterakan para petani, kedepannya nanti diharapkan juga tidak hanya penyaluran pupuk, tetapi juga bibit. Kartu Tani juga dapat menjadi alat sinergitas BUMN yang membidangi pertanian,  sehingga semuanya berjalan cepat dan lancar. "Jika ini berjalan insya Allah semuanya tepat waktu, sehingga petani dapat mendapatkan harga yang terbaik dan dapat semakin sejahtera", tambah Menteri Rini.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengawali sambutannya dengan menyampaikan perintah Presiden Jokowi yakni "hadir di tengah masyarakat, memberikan solusi kepada masyarakat, jangan biarkan petani berjalan sendiri, kita harus selalu di sisi mereka memberikan solusi", ungkap Menteri Amran. "Kami berterima kasih, capaian Kementan selama