Pemprov Siap Kerjasama Kembangkan Teknologi Pengembangan Bibit Bawang Merah Tuk Tuk

16 Jun 2017, 09:56:45 WIBKabar Kaltim

Pemprov Siap Kerjasama Kembangkan Teknologi Pengembangan Bibit Bawang Merah Tuk Tuk

 

 SAMARINDA – Pemprov Kaltim melalui Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura  Kaltim diisyaratkan siap bekerjasama dengan PT Ewindo Cap Panah Merah, Purwakarta, Jawa Barat dalam hal pengembangan usaha pertanian hortikultura komoditi bawang merah.

Kerjasamanya dalam bentuk penyediaan benih untuk disemaikan di UPTD Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP) Negeri Samarinda Dinas P2TP Kaltim dalam memenuhi bibit bawang merah tuk tuk yang dianggap dapat meningkatkan produksi petani dan tahan terhadap segala cuaca.

“Sekarang yang harus dilakukan mulai melihat teknologi pengembangan bibit agar produksi petani meningkat. Dengan kerjasama diharap bisa,” kata Kepala Dinas P2TP Kaltim, Ibrahim, di Samarinda, Jumat (9/6).

Ibrahim yang ditemani Kepala Bidang Hortikultura Farid, Kepala UPTD SPP Negeri Samarinda Alimuddin, dan Marketing PT Ewindo Cap Panah Merah Fahrudin berharap produksi petani minimal bisa memenuhi kebutuhan sendiri. Sebab kondisinya sejauh ini pemenuhan kebutuhan bawang merah di Kaltim masih di datangkan dari luar daerah.

Berdasarkan angka tetap (atap) 2016 produksi petani Kaltim hanya mencapai 263 ton bawang merah atau sekitar 3,2 persen dari kebutuhan. Produksi petani masih sekitar 5 – 7 ton per hektarenya. Ini masih menggunakan benih lokal atau umbi.

Karenanya rencana pengembangan sentra benih bawang merah tuk – tuk diharap dapat membantu meningkatkan produksi petani, sehingga secara bertahap bisa memenuhi kebutuhan dalam daerah dan jangka panjangnya bisa mewujudkan target swasembada bawang merah yang ditetapkan pemerintah harus terwujud pada 2020.

“Setelah diujicoba untuk lahan Kaltim bibit bawang merah tuk – tuk mampu menghasilkan sekitar 12 – 25 ton perhektarnya. Terlebih biaya yang dikeluarkan r