Siasat Mentan Atasi Masa Panceklik

06 Des 2017, 12:08:50 WIBBerita Nasional

Siasat Mentan Atasi Masa Panceklik

proses tanam tidak terganggu.

Bahkan infrastruktur lain untuk menunjang hasil panen tetap dilakukan termasuk menyiapkan asuransi kepada petani.

"Kami sudah rancang tiga tahun, tidak bisa instan. Kita bangun Rain Water System, embung 30.000, sumur dangkal dan sumur dalam, dan kita bangun dam-dam di seluruh Indonesia," tutup Amran.

Diketahui, tahun ini saja Kementan menyiapkan satu juta hektare lahan pertanian unyuk diasuransikan. Luasan itu dianggap aman karena kegagalan pertanian masih sekitar  100.000 hektare.


KEKAYAAN TANAH 

Pada saat yang sama juga, Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Kementerian Pertanian, Gayatri K Rana, menilai, urgensi pemahaman masyarakat terhadap tanah akan terjawab dengan keberadaan museum tanah di Bogor. Soft launching museum tersebut diresmikan langsung oleh Menteri Amran Sulaiman.

Museum tanah diharapkan bisa menunjang kualitas pertanian dengan mengenal kultur tanah yang dimiliki.

"Dengan mengenal tanah di Indonesia maka berbagai inovasi teknologi pertanian dapat diciptakan khususnya untuk efisiensi dan peningkatan produksi pertanian," ujar Gayatri.

Soal tanah ini, Gayatri menambahkan, Indonesia merupakan paling kaya. Pasalnya, dari 12 macam tanah di dunia, 10 diantaranya terdapat di Indonesia.

Kekayaan itu pun diturunkan lagi pada keragaman fauna yang dihasilkan dari tanah yang dimiliki. Tanah yang kita punya, kata Gayatri, membawa kekayaan turunan.

"Beragamnya jenis tanah yang ada di Indonesia tersebut berdampak pada beragamnya f