Tanaman Selada

21 Nov 2017, 13:53:25 WIBArtikel

Tanaman Selada

m. Di daerah yang beriklim sedang (sub-tropis), tanaman selada mudah berbunga. Bunganya berwarna kuning terletak pada rangkaian yang lebat.

Selada yang dibudidayakan di Indonesia umumnya selada tipe crisp atau srop dan tipe daun/crinked lettuce. Daerah yang banyak ditanami selada adalah wilayah dataran tinggi diatas 1.000 m dpl, seperti Cipanas (Cianjur), Lembang (Bandung, Sumatera Selatan dan Riau.

Secara umum, suhu yang sesuai untuk semua jenis selada adalah berkisar antara 15-200C. Pada daerah tropis, selada paling baik ditanam pada derah dataran tinggi. Keaded lettuce/selada crop hanya dapat membentuk satu crop pada suhu kurang dari 200C crop tidak atau kurang tahan terhadap hujan lebat. Oleh Karena itu penanaman selada dianjurkan pada akhir musim hujan.

Tanah yang ideal untuk tanaman selada adalah liat berpasir, cocok ditanam pada tanah andosol maupun latosol. Syaratnya tanah tersebut harus subur, gembur, banyak mengandung bahan organik, tidak mudah menggenang (becek), dan pH-nya antara 5,0 – 6,8. Tanaman seladaumurnya relatif pendek sisten perakarannya dangkal. Oleh karena itu, untuk mendpatkan pertumbuhan atau produksi  yang maksimal, perlu pengelolaan lahan yang sempurna. Pada tanah-tanah yang mudah becek (drainage jelek), sering terjadi pembusukan akar-akar tanaman, sehingga dapat menurunkan produksinya. Khusunya di lahan sawah, sebaiknya dipersiapkan dengan sistem bedengan.

 

 

Kegunaan

Selada mempunyai rasa yang renyah segar dan umumnya dimakan mentah sebagai salad. Di