Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Produksi Pertanian

30 Sep 2013, 08:35:52 WIBKabar Kaltim

Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Produksi Pertanian

Pembangunan Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura merupakan salah satu program prioritas di Provinsi Kaltim. Melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan terus diupayakan pencapaian target swasembada beras dengan mendorong petani meningkatkan produksinya melalui berbagai program baik yang sifatnya bantuan, pengawalan maupun pendampingan. 

”Selain itu Dinas Pertanian Tanaman Pangan juga mendorong pengembangan tanaman hortikultura di Kalimantan Timur yang berperan sangat penting terhadap peningkatan pendapatan petani,” kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pada Peringatan Hari Tani Nasional dan Pencanangan Kampung Produk Pertanian Sehat Tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang kita laksanakan di Desa Sukorejo, Kota Samarinda, pekan tadi. 

Gubernur memaparkan, pengembangan hortikultura di Kaltim mempunyai potensi yang luar biasa. sayuran dan buah-buahan disamping merupakan sumber vitamin juga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, namun mudah menurun mutunya bahkan menjadi rusak dan tidak layak konsumsi jika tidak dikelola dengan baik. Oleh karena itu perlu dilakukan budidaya yang baik dan pemanenan yang sesuai dengan dibarengi penanganan pasca panen yang tepat. 

Salah satu kurangnya daya saing buah lokal adalah penampilan buah yang kurang menarik sebagai akibat kurang baiknya penanganan pasca panen. Kondisi tersebut akan tampak nyata bila buah lokal disandingkan dengan buah impor. Buah impor pada umumnya memiliki penampilan dengan warna buah yang cerah, bersih, ukuran seragam dan dikemas dengan kemasan yang menarik dan sekaligus melindungi buah dari kerusakan maupun cemaran dari luar. 

Dalam upaya mengantisipasi persaingan antara buah lokal dan buah impor, Pemerintah melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kaltim telah melakukan berbagai upaya yang diwujudkannya dalam berbagai