Back to homepage

Potensi Samarinda

1.1.    Letak Geografi dan Administratif

Kota Samarinda adalah suatu kota diantara 14 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kalimantan Timur, sekaligus merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Timur. Seluruh wilayah kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara. Kota Samarinda dapat dicapai dengan perjalanan darat, laut dan udara. Sungai Mahakam yang membelah di tengah Kota Samarinda, menjadi "gerbang" menuju pedalaman Kalimantan Timur. Kota ini memiliki luas wilayah 71.800 ha (718 km²), dan berpenduduk 721.949 jiwa (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010), sehingga menjadi kota dengan penduduk terbesar di seluruh Kalimantan.

Kota Samarinda didirikan pada tanggal 21 Januari 1960. Pada mulanya Kota Samarinda terbagi atas 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Samarinda Ulu, Samarinda Ilir, dan Samarinda Seberang. Selanjutnya setelah mengalami beberapa kali pemekaran, pada tanggal 28 Desember 2010 ditetapkan menjadi 10 kecamatan, yaitu Kecamatan Palaran, Kecamatan Samarinda Ilir, Kecamatan Samarinda Seberang, Kecamatan Sungai Kunjang, Kecamatan Samarinda Ulu, Kecamatan Samarinda Utara, Kecamatan Samarinda Kota, Kecamatan Loa Janan Ilir, Kecamatan Sambutan, dan Kecamatan Sungai Pinang. Namun demikian, untuk kepentingan konsistensi data, maka hanya disajikan 6 kecamatan saja berdasarkan PP No. 38 tahun 1996, yaitu Kecamatan Palaran, Kecamatan Samarinda Ilir, Kecamatan Samarinda Seberang, Kecamatan Sungai Kunjang, Kecamatan Samarinda Ulu, dan Kecamatan Samarinda Utara.

Secara geografis Kota Samarinda berada pada posisi di dekat garis katulistiwa. Letak geografi dan batas wilayah Kota Samarinda dapat dilihat pada Tabel 1.1.